Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

RTH, Kadis PUPR Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

×

RTH, Kadis PUPR Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

Sebarkan artikel ini
bart
Kadis PUPR Bart Assa ST MSc PhD

manadoterkini.com, MANADO – Untuk mengantisipasi banjir, warga diharapkan bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan kawasan ruang terbuka hijau. Hal itu dikatakan kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kota Manado Peter K.B Assa, sehingga nantinya masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah mereka sebagai Ruang Terbuka Hijau,sehingga di tiap tiap wilayah memiliki ruang resapan.

” Sebenarnya setiap rumah warga itu juga ada syarat RTH, dan itu harus benar-benar lahan hijau, tidak ada beton. Namun ini seringkali disalah artikan. Itulah sebabnya ketika hujan datang, air yang ada tidak bisa diresap dengan baik, akibatnya air meluap dan terjadinya banjir,” ungkap Assa.

Assa meminta masyarakat sebagai penghuni kota wajib untuk menjaga fasilitas-fasilitas Ruang Terbuka Hijau yang ada sebagai asset penting sebuah kota dalam hal ini memelihara keberadaan dan kelestariannya.

” Semua peranan harus kita maksimalkan apapun yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita demi terciptanya sebuah tatanan kehidupan kota yang memiliki keseimbangan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan manusia,” tegas Assa.(mlz)