Jum'at, 20 September 2019

Media Gathering Siloams Hospital Angkat Topik Penyakit Jantung Koroner

manadoterkini.com, SULUT – Siloams Hospital, Selasa (28/2/2017) melaksanakan Media Gathering bertajuk Penyakit Jantung Koroner dengan pembicara dr Victor Joseph SPJP-FIHA.

SiloamVictor mengatakan dalam kaitan meningkatkan kesadaran mengenai penyakit Jantung Koroner dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak, menghindari rokok dan mengurangi minuman yang banyak mengandung alkohol karena bisa menyumbat pembuluh darah yang mempengaruhi jantung.

“Makanan sehat justru kadang dihindari. Misalnya brokoli, buah tomat, Avokat dan itu semua yang sehat namun yang menjadi permasalahannya yang sehat itu tidak enak,” ujar dr Victor Joseph.

Lanjut dr Victor “Dengan pola hidup sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur bisa mencegah penyakit jantung. Sedangkan Jantung koroner bisa diakibatkan adanya plak dalam pembuluh darah, dan bila sudah pada tahapan parah, menutup hampir semua saluran pembuluh darah bisa menyebabkan kematian. Jika suplai darah terhambat karena tersumbat akibat terjadi penumpukan plak akan terjadi serangan jantung,” urainya.

siloamGeneral Manager of Group Public Media Relatiion Siloams Hospital, Jimmy Rambing mengatakan Penyakit jantung koroner adalah pembunuh nomor satu di dunia. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah atau ditekan. “Untuk itu peran media sangat dibutuhkan demi terus mengedukasi masyarakat,” katanya.

Siloam Heart Institute dalam menyikapi penyakit jantung telah peningkatan pelayanan dengan menghadirkan laboratorium kateterisasi, untuk mendukung perawatan kardiologi intervensional.

“Laboratorium ini berguna untuk melihat kelainan listrik jantung, kelainan struktural jantung dan kelainan pembuluh darah jantung,” ucap Rambing.

Direktur RS Siloam Hospital Manado dr Abraham Talumewo, MHSM mengatakan di Manado ada lima dokter spesialias yang menangani penyakit jantung coroner. “Kita menyiapkan fasilitas seperti ct scan, threatmil untuk endurance jatung dan lainnya. Mari tingkatkan awareness untuk penyakit jantung koroner,” ungkap Abraham.

Head Departemen of Business Development Siloams Hospital Magdalena Dalus dan Head Dept of Communications Melissa Walandouw mengatakan kesehatan itu penting. “Mari menjaga kesehatan. Generasi sehat akan membuat bangsa ini kuat. Kami akan melakukan talk show setiap bulan untuk kampanye pola hidup sehat,”tandasnya.

Direktur Eksekutif Siloams Hospital Manado yang juga pimpinan Lippo Group Diana Kawatu mengatakan pers adalah pilar penting dalam pembangunan kesehatan. “Kiranya hubungan ini dapat tetap dijaga,” tutup Kawatu. (Jef)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*