Selasa, 10 Desember 2019

Luar Biasa, Bank SulutGo Cetak Laba Hingga 258 Miliar

manadomanadoterkini.com, SULUT - Laba Bank SulutGo terbilang luar biasa. Berdasarkan laporan keuangan tahun buku 2016, laba sebelum pajak tercatat Rp 258 miliar tumbuh 36,79 persen, sedangkan laba bersih tercatat Rp 173 miliar atau 36,65 persen dibanding tahun sebelumnya.

Capaian ini disampaikan Dirut Bank SulutGo Jeffry Dendeng usai melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2016, yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja.

Dendeng menjelaskan, disektor dana pihak ketiga dan pembiayaan, sektor tabungan dan kredit konsumsi Bank SulutGo masih mendominasi pertumbuhan selama tahun 2016. Hal ini menunjukan tingkat kepercayaan masyarakat, terlebih khusus nasaba terhadap Bank SulutGo.

“Tabungan mencatatkan pertambahan 8,17 persen dan kredit tumbuh 3,07 persen, ” ucapnya.

Sementara, dilihat dari rasio keuangan Bank milik pemerintah ini, menurutnya posisi Desember 2016 lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Olly Dondokambey mengatakan pada bulan Januari 2017 Bank SulutGo telah mendapatkan keuntungan sebesar Rp 46 miliar, selanjutnya pada Februari Rp 37 miliar.

“Perkiraan akhir tahun 2017 akan meraub keuntungan sekira 450 miliar, ” kata Dondokambey.

Dondokambey menambakan, kedepan akan fokus pada kredit komersil. “Nanti tidak terbatas pada satu pembiayaan saja. Tetapi akan memberikan kredit dalam berbagai usaha, ” terangnya.

Jika kinerja keuangan Bank SulutGo terus membaik bukan tidak mungkin pada tahun 2018 nanti, Bank SulutGo akan melantai di bursa saham.

“Jika sampai akhir 2017 keutungan dan modal terus bertambah, tahun 2018 Bank SulutGo akan IPO, ” paparnya.

IPO (Initial Publik Offering) adalah penawaran pertama harga oleh perusahaan terbuka yang melantai di bursa saham. Sebuah perusahaan dengan modal besar akan pasti dapat bersaing bahkan lebih berani dalam berinovasi dikarenakan modal yang besar, salain dari kepemilikan saham yang sebagian besar dimiliki publik.

RUPS Bank SulutGo turut dihadiri Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS dan sejumlah kepala daerah Kabupaten/Kota di Sulut.(alfa)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*