Selasa, 17 Oktober 2017

Heboh…!!! Lurah Kumersot Terjaring OTT Tim Saber Pungli‎

bitung

Capt : OT dan NS saat berada di mobil tim saber pungli untuk dibawah ke Polres Bitung kemudian dimintai keterangan. (Foto/Ist)

manadoterkini.com, BITUNG – Suasana menghebohkan tiba-tiba terjadi di Kota Bitung ‎Selasa (07/03). Hal ini dikarenakan ‎ terjaringnya seorang Lurah bersama perangkat kelurahan lainnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Lurah Kumersot berinisial OT alias Vanda dan Sekretaris Kelurahan NS alias Nova terjaring OTT terkait dugaan Pungli Sertifikat Prona (Program Nasional, red) yang dipatok seharga Rp 500.000.

Menurut salah satu Tim Saber Pungli Kota Bitung Rocky Oroh, kedua PNS Pemkot itu terjaring saat sementara membagi-bagikan sertifikat disertai permintaan uang kepada para pemilik tanah.

“Ada 28 sertifikat prona yang akan dibagikan, dimulai dengan mengisi daftar hadir kemudian menyerahkan uang kepada sekretaris baru diberikan sertifikat,” ujar Rocky‎

Dari 28 warga yang ikut program prona kata Rocky, sebagian besar mengaku keberatan karena biaya yang diminta sebesar Rp 500 ribu dinilai terlampau besar.

“Di daftar hadir memang ada ditulis besaran biaya yang disetor warga. Ada yang baru membayar Rp100 ribu, Rp300 ribu dan ada juga yang sudah lunas,” katanya‎

Dalam operasi itu kata Rocky, tim mengamankan 28 sertifikat dan uang sebesar Rp2 jutaan serta Olvien dan Nova juga sejumlah pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bitung ke Kantor Polres Bitung.‎

Sementara itu, Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK MH membenarkan OTT dugaan pungli pengurusan sertifikat prona di Kelurahan Kumersot.

“Tapi saya belum bisa memberikan komentar lebih soalnya masih sementara pemeriksaan.” Singkatnya‎.(refly)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*