Sabtu, 21 September 2019

Akibat Cuaca Ekstrem, Serapan Anggaran Dandes di Minsel Belum 100 Persen

manadoterkini.com, AMURANG – Hingga masuk pada bulan Maret 2017 ini, rupanya untuk serapan anggaran dana desa (Dandes) di 167 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) belum mencapai 100 persen.

Hal ini diakibatkan karena Cuaca ekstrim yang berkepanjangan sehingga mempengaruhi serapan anggaran Dana Desa (Dandes). Hal ini diakui oleh sejumlah Hukum tua (Kumtua) yang ada di Minsel.

Seperti yang dikatakan Kumtua Desa Durian Kecamatan Sinonsayang Roy Rugian. Dia mengatakan kalau tahun ini masih ada sisa pekerjaan tahun 2016 yang belum selesai.

“Dari Dandes tahun 2016, masih ada pekerjaan yang belum selesai. Sekarang kami masih mencari cuaca yang baik untuk melanjutkan pembuatan gorong-gorong. Pekerjaan gorong-gorong terlambat karena cuaca yang tidak mendukung,” ujar Rugian.

Hanya saja menurut Dia, bukan semua proyek Dandes yang belum selesai, karena proyek Dandes yang lain sudah selesai sejak akhir 2016 lalu. Proyek yang sudah selesai itu yakni, pembuatan jalan produksi dan jalan paving block.

“Kalau proyek yang lain sudah selesai sejak tahun lalu. Tahun ini tinggal pembuatan gorong-gorong,” ungkapnya.

Sementara itu, anggaran Dandes Tahun 2017, akan segera dicairkan. Namun, untuk mencairkan anggaran tersebut harus memasukkan laporan pertanggungjawaban penggunaan Dandes Tahun 2016.

“Desa yang sudah memasukkan LPJ tahun 2016, merekalah yang bisa mencairkan Dandes Tahun 2017. Kalau belum ada LPJ, jangan harap bisa mencairkan Dandes tahun ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minsel Drs Efert Poluakan.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*