Sabtu, 14 Desember 2019

Akses Jalan Tertimbun longsor, Motoling Barat Terisolasi

raanan barumanadoterkini.com, MOTOLING-Akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Motoling ke Kecamatan Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tepatnya antara Desa Motoling ke Desa Raanan Baru tertutup material longsor sehingga pengguna jalan berkendaraan di wilayah tersebut menjadi terhambat.

Dari pantauan manadoterkini.com, hujan yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan tebing setinggi 100 meter di jalan antara Desa Motoling ke Desa Raanan Baru longsor.

Kendaraan roda dua dan roda empat yang hendak keluar masuk ke kecamatan Motoling Barat tidak bisa melintas akibat akses jalan masih tertimbun longsor.
Akibat jalan yang tertimbun material longsor setinggi 100 meter dengan panjang 30 meter ini membuat warga yang beraktivitas terpaksa harus rela berjalan kaki melewati material longsor.

Sementara untuk membersihkan material longsoran yang menimbun jalan tersebut yang menghubungkan dua Kecamatan tersebut, pihak pemerintah Desa Raanan Baru Maesa datang membersihkan longsoran tersebut akibat belum adanya alat berat untuk membersihkannya.

Camat Motoling Barat Jerry Sengkey S. Sos yang didampinggi Hukum Tua (Kumtua) Desa Raanan Baru Ruddy Kodongan SE mengatakan, ada sejumlah desa yang ada di Kecamatan Motoling Barat kini terisolir karena akses jalan penghubung antar Kecamatan masih tertimbun.

“Hujan terjadi dari kemarin hingga saat ini menyebabkan bukit ini longsor, sementara ada sejumlah desa yang kini terisolir. Pemerintah membuka jalur sementara yang dibuat kusus untuk roda dua,” ujarnya.

Sementara proses evakuasi material longsor dengan menerjunkan warga yang ada di Desa Raanan Baru Raya.(dav)

Tags: ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Diharapkan kepada pemerintah/Bupati Minsel ibu Tety Paruntu untuk dapat memperhatikan jalan Raanan Baru Motoling, sebab setiap hujan turun pasti akan longsor, kalau longsor pasti semua aktifitas dari 8 desa di Motoling barat akan terganggu, jadi atas nama seluruh masyarakat dari 8 desa mengharapkan perhatian dari pemerintah MINSEL untuk supaya dapat meng Implementasikan apa yang dijanjikan waktu lalu pada saat kampanye di Motoling barat untuk Memperlebar jalan antara Motoling Raanan Baru dan Raanan Baru Tonde.
    Itu yang menjadi harapan besar kami atas nama Masyarakat Otoling Barat..Sekian dan terima kasih..Tuhan Memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*