Rabu, 18 September 2019

Ini Kronologis Terbakarnya KM Cantika Lestari 77

 

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Inilah Kronologis terbakarnya Kapal penumpang KM. Cantika Lestari 77 Pada Selasa (14/03) saat berada di Dok PT. Hasjrat Samudera Pura Nabile Abadi.‎

Kronologis sendiri berdasarkan keterangan Saksi – Saksi ‎

1. Bertje Defenuwun, 49 Tahun, ABK Cantika Lestari 77, Kristen Alamat Asrama OSM, Kota Ambon, Muluku menjelaskan bahwa pada saat itu saksi sedang berada di Dek 1 tepatnya di bagian belakang yang sedang memasak tiba – tiba saksi mendengar adanya teriakan bahwa kapal sudah terbakar kemudian saksi pergi kearah depan dek 1 saksi melihar kasur yang ada di bagian depan dek sudah terbakar melihat hal tersebet saksi langsung keluar dan selanjutnya meninggalkan kapal bersama dengan ABK – ABK lainya.

2. Bemmy Lewier, 44 Tahun, Kapten Kapal Cantika Lestari 77, Kristen Jl. Batu Gantung, Kel. Mangga Dua, Kota Ambon, Maluku menjelaskan bahwa saksi bersama dengan Krue Kapal lainya sedang berada di atas Kapal Cantika Lestari tepatnya di Haluan Kapal untuk mempersiapkan keberangkatan Kapal menuju Kota Ambon namun pada saat mempersipakan keberangkatan tersebut tiba – tiba saksi di beritahu oleh salah satu ABK bahwa ada Api di Bagian belakang kapal mendengar hal tersebut saksi berupaya untuk memantikan api namun api sudah sebagian besar membahar Dek 1 yang isinya adalah kasur kemudian saksi langsung turun dari Kapal bersama dengan ABK lainya menuju Dock Hasrat Abadi.

3. EFERSON PANDO, 54 Tahun, Kepten Kapal Geovani, Kristen, Singkil Satu, Manado menjelaskan bahwa pada saksi sedang berada di Atas kapal Geovani saksi melihat adanya asap yang berasa dari Kapal Cantika Lestari 77 di mana pada saat itu kapal tersebut berada di dekat Kapal Geovani dalam keadaan bergandeng setelah saksi melihat asap tersebut berasal dari Kapal Santika 77 saksi langsung berteriak bahwa Kapal sudah terbakar dan kemudian saksi langsung memerintahkan kepada ABKnya untuk menghidupkan mesin Kapan dan mengarahkan Kapal ke laut dan setelah itu saksi melepaskan tali yang terikat pada Kapal Cantika lestari 77 sehingga Kapal tersebut langsung terpisah dengan Kapal Geovani.

​Sementara itu, Langkah-langkah yang telah diambil pihak Polres Bitung adalah :‎

1. Menerima Laporan
2. Mendatangi TKP
3. Melakukan Pulbake Dum

(Sumber : Humas Polres Bitung) ‎

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*