Jum'at, 20 Juli 2018

Pemkab Minsel Gelar Konsultasi Publik Ranwal RKPD Untuk Program Tahun 2018

konsultasi publik pemkab minselmanadotetkini.com, AMURANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Minsel pada Jumat (17/3) menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk program pembangunan tahun 2018.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Kepala – kepala Satuan Perangkat Daerah (SPD) yang ada dilingkup Pemkab Minsel dan sejumlah kelompok masyarakat untuk memberikan saran dan pendapat terhadap rancangan awal RKPD 2018.

Acara yang berlangsung dilantai IV Kantor Bupati Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur dipimpin langsung oleh Asisten III Drs James Tombokan.

Kepala Bappeda Minsel DR Meydi Maindoka MSi menyatakan, konsultasi publik perlu dilakukan. Menurutnya, RKPD Minsel 2018 ini merupakan dokumen perencanaan daerah yang disusun berdasarkan arah kebijakan pembangunan daerah dengan memperhatikan prioritas pembangunan nasional sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu,  Asisten III Drs James Tombokan mengungkapkan, banyak hal yang perlu di tingkatkan di Minsel.

Pada kesempatan tersebut, juga diuraikan gambaran umum kondisi daerah yang menyangkut aspek geografis dan demografis, termasuk aspek kesejahteraan masyarakat, pemerataan ekonomi, kesejahteraan sosial, indek pembangunan manusia serta aspek pelayanan umum seperti kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman.

Konsultasi publik juga membeberkan tenaga kerja, perekonomian, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Tidak kalah penting terkait pangan, yakni dalam komitmen kedaulatan pangan yang diwujudkan dengan beberapa regulasi. Sektor pertanian masih menjadi prioritas.

“IPM kita masih rendah, dibawah rata-rata,” ujar Tombokan,

Dia menambahkan, visi dan misi 2016-2021 adalah dengan terwujudnya masyarakat Minsel yang lebih sejahtera dan bermartabat.

“Yaitu dengan mewujudkan pemerintah yang efektif bersih KKN, dan demokrasi, melaksanakan reformasi birokrasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik demi Minsel Hebat dan Terdepan.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*