Selasa, 23 Oktober 2018

Sanitasi Manado Masuk Ketegori Sangat Buruk, Beberapa Sungai Terkontaminasi Bakteri Ecoli

manado

Dinas Kesehatan Manado Robby Moto, Asisten I Setda Kota Manado Mickler Lakat

manadoterkini, MANADO – Kota Manado masuk kategori Sistem Sanitasi Sangat Buruk. Ha itu dibeberkan Marina, salah satu pembawa materi dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Kota Manado dalam rangka Persiapan Verifikasi dan Penilain Kota Sehat Tahun 2017.

Menurut Marina, salah satu penyebab penurunan sistem sanitasi di Kota Manado yaitu limbah tinja. Pengelolaan limba tinja yang kurang baik dapat mengakibatkan sungai dan sumber air minum terkontaminasi bakteri Ecoli, sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan.

“Sesuai hasil penelitian Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, beberapa sungai di Manado sudah terkontaminasi Ecoli. Itu berarti sungai tersebut sudah tercemar dengan limbah tinja,” ujarnya.

Selain itu juga, Marina menghimbau kepada pemerintah khususnya Dinas Kesehatan untuk mengupayakan pembangunan Instalasi Pengelolaan Limba Tinja (IPLT) di Kota Manado, dan memberitahukan kepada masyarakat agar dapat rutin 3 tahun sekali untuk membersihkan tanki septik limbah tinja.

“Jadi nantinya kita dapat membuat promosi lewat baliho-baliho kepada masyarakat dengan slogan Stop Konsumsi Tinja Sendiri Apalagi Tinja Tetangga,” tegasnya.(Pra)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*