Senin, 16 Desember 2019

Kualitas Udara Sulut Masih Sangat Baik

manadomanadoterkini.com, SULUT – Jumlah kendaraan roda empat dan roda dua yang terus bartamba menjadi sumber polusi udara di semua tempat di Sulawesi Utara (Sulut). Namun, berdasarkan penilaian yang dilakukan tim dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, udara di berbagai tempat di daerah ini masih sangat baik.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marly Gumalag melalui Sekretaris Grace Londok.

“Alat pendeteksi logam telah dipasangkan di 16 kota yang ada di Indonesia, Manado salah satunya. Dan hasil pemeriksaan, kota Manado relatif lebih rendah dibandingkan dengan 15 kota lainnya, ” ungkapnya.

Dia mengatakan evaluasi untuk udara bersih dilakukan setiap bulan. “Ini merupakan kerjasama antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3KKL-KLHK) dengan Deputi Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir (SATN)-BATAN dalam melakukan kajian kualitas udara, khususnya parameter PM2.5 dan PM10 di beberapa kota di Indonesia,” jelas Londok.

Kajian tersebut tertuang dalam kerjasama Deputi SATN-BATAN dan Kepala P3KLL-KLHK tentang Penelitian dan Pengembangan Kualitas Lingkungan Hidup melalui aplikasi teknik nuklir untuk karakterisasi dan identifikasi sumber pencemaran udara.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*