Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Pawai Ogoh-Ogoh Tonjolkan Harmomisasi Masyarakat Manado

×

Pawai Ogoh-Ogoh Tonjolkan Harmomisasi Masyarakat Manado

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Menarik, pawai ogoh-ogoh yang mengambil start dan finish di lapangan Sparta Tikala, Senin (27/3) dilepas Walikota Manado GS Vicky Lumentut melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H Rum Usulu. Acara Dharma Santi menyambut Hari Suci Nyepi dan Tahun Saka 1939 bersama umat Hindu se-Kota Manado menampilkan keberagaman agama dan budaya.

ogoh-ogohDimana di barisan depan, ada drum band dari Hang Tua, kemudian Paskibraka pembawa bendera merah putih, selanjutnya tarian kabasaran Minahasa Cakalele, barongsai, musik bambu serta simbol pemuka agama di Kota Manado.

Pawai yang berlangsung meriah itu, terdapat tiga ogoh-ogoh yang merupakan simbol kejahatan yang dipikul para pemuda Hindu. Diiringi pula barisan perempuan yang membawa hasil bumi diatas kepalanya.

ogoh-ogohSebelumnya, Sekda Manado atas nama Walikota GSVL mengajak umat Hindu di Kota Manado untuk semakin meningkatkan kepedulian sosial sebagai warga Kota Manado.

“Mari kita saling berbagi, saling menolong, saling meneguhkan, saling menghormati dan menghargai, saling mengakui kelebihan dan kekurangan orang lain, membawa kedamaian yang dilandasi ketulusan dan kemurnian hati dan saling memberi diri kita untuk menjadi berguna bagi orang lain tanpa memandang latar belakang,” ujar Walikota, seperti dikutip Sekda Usulu.

Sekda Manado, Ogoh-ogohMelalui perayaan Dharma Santi dalam rangka Hari Suci Nyepi, Walikota GSVL berharap sikap toleransi serta hubungan dengan sesama warga Kota Manado lainnya dapat berjalan harmonis, sehingga tercipta kedamaian dan ketenteraman ditengah-tengah masyarakat kota yang majemuk.

“Saya juga berharap, semangat perayaan Dharma Santi dapat memotivasi umat Hindu di Kota Manado untuk tampil terdepan dan aktif dalam mengisi pembangunan di kota ini. Mari bersama-sama kita bergandengan tangan berdoa dan bekerja bagi kebaikan kota Manado menuju Manado Cerdas yang semakin maju dan sejahtera,” jelas orang nomor satu di Manado itu.

Ogoh-ogoh
Wujud toleransi antar umat beragama

Untuk diketahui acara diawali dengan upacara Tawur Kesanga yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wita dengan lantunan berbagai persiapan umat Hindu untuk melakukan Catur Brata penyucian diri pada Hari Suci Nyepi Selasa (28/03) besok.

Tampak hadir dalam acara keagamaan yang kental budaya Bali itu, Dandim 1309 Manado Letkol Arm Johanis Toar Pioh, Pembina Bimbingan Masyarakat (Pembimas) Hindu Kemenerian Agama Propinsi Sullawesi Utara Nengah Koko, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Ir Suryano MT, Ketua PHDI Kota Manado Drs Ida Bagus Ketut Alit MPd, Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado, Ketua Panitia Kolonel Putra Widyastama, serta beberapa pejabat Perangkat Daerah Pemerintah Kota Manado.(*/Pra)