Sabtu, 21 September 2019

Indonesia – Prancis Sepakat Tingkatkan Kerjasama

manadoterkini.com, JAKARTA – Indonesia Prancis sepakat tingkatkan kerjasama. Hal ini disepakati dari pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Prancis Francois Hollande, di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (29/03/2017) kemarin. Ada lima nota kesepahaman berhasil dicapai. Lima nota kesepahaman turut ditandatangani oleh delegasi kedua negara dalam kunjungan Presiden Hollande tersebut.

Delegasi RI dan Prancis

Kedua delegasi yakni Indonesia dan Prancis.(ist)

Presiden Joko Widodo menyatakan sangat menyambut baik kesepahaman yang berhasil dicapai tersebut. “Saya menyambut baik ditandatanganinya lima MoU kerja sama, yaitu di bidang pembangunan urban berkelanjutan, pariwisata, pertahanan, ilmu pengetahuan dan penelitian, serta pertukaran tenaga peneliti,” ujar Presiden Jokowi yang diteruskan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Dr Yudhi Wijayanto ST MSi kepada manadoterkini.com.

Sementara itu, Presiden Hollande menyebut bahwa Indonesia merupakan mitra penting bagi Prancis. Terlebih kedua negara dikenal sebagai kekuatan besar dari negara demokrasi. Maka itu pemerintah Prancis hendak memperkuat kemitraan tersebut melalui sejumlah kesepakatan lainnya yang disetujui oleh kedua Negara.

Jokowi, Presiden Prancis

Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden Prancis, sepakati sejumlah kerjasama.(ist)

“Kita ingin memperdalam kemitraan tersebut melalui sejumlah persetujuan yang ditandatangani hari ini, di antaranya di bidang perikanan, prasarana transportasi, dan yang berkaitan dengan energi terbarukan,” ucap Hollande.

Dalam kunjungannya ini, Hollande beserta delegasinya tiba sekitar pukul 10.50 WIB. Sebagaimana biasanya, kedatangan tamu negara tersebut disambut dengan upacara kenegaraan dengan diperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi oleh dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Setelahnya, perbincangan keduanya di halaman belakang Istana Merdeka dilakukan atas drasar komitmen kedua negara yang ingin menjalin hubungan kerja sama yang lebih baik. Kita tahu, perbincangan akrab dengan jamuan secangkir teh hangat itu kini dikenal dengan sebutan Veranda Talk.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*