Senin, 22 Oktober 2018

KPU Kota Bitung Lauching Rumah Pintar Pemilu “Sabua Tarsius”

Sabuah KPU Bitung

Rumah pintar “Sabua Tarsius” KPU Bitung

manadoterkini.com, BITUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, Kamis (30/3/2017) melauching Rumah Pintar Pemilu “Sabua Tarsius”. Dasar pembentukan Rumah Pintar Pemilu ini merujuk pada surat ketua KPU RI Nomor 54/KPU/I/2017.

Terkait pembentukan Rumah Pintar Pemilu Tahun 2017. Untuk KPU kota Bitung rumah pintar pemilu ini diberi nama “Sabua Tarsius”, model bangunannya dirancang menyerupai Sabua yang biasanya didirikan di kebun atau ladang sebagai tempat perteduhan. Sedangkan nama Tarsius diambil hewan langkah (Endemik) Tarsius Spectrum yang ada di cagar alam Tangkoko Batuangus di Kota Bitung.

“Tujuan Pembuatan Rumah Pintar Pemilu “Sabua Tarsius” secara khusus mengedukasi masyarakat dengan memperkenalkan nilai pemilu dan demokrasi itu sendiri kepada pemilih dan masyarakat luas sekaligus menanamkan kesadaran tetntang peran aktif warga negara dalam menentukan masa depan bangsa melalui partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu,” ujar Ketua KPU Josep Sammy Rumamby, ST MAP di kantor KPU kota Bitung, kelurahan Manembo-nembo Tengah, Kecamatan Matuari.

Senada dengan Ketua KPU, Komisioner KPU lainnya seperti Joddy F Mamesah MPB, Dra Selvie Rumampuk, MSi Viktory Rotty STh MTeol MPD, dan Idhli R Fithtriah SKM mengungkapkan bahwa‎‎ KPU kota Bitung mengambil konsep Rumah pintar pemilu “Sabua Tarsius” dengan maksud setiap orang yang berkunjung mendapatkan informasi kepemiluan.

“Orang yang hadir menjadi teredukasi, paham dan mengerti apa itu politik dan demokrasi serta memfasilitasi siapa saja termasuk masyarakat luas, pemilih, kalangan pelajar, kampus, yang ingin mengetahui pemilu, dengan menonjolkan karakteristik/ciri khas budaya dan satwa langka yang menjadi icon di Kota Bitung,” tutup mereka

Pada kesempatan itu, Komisioner KPU Provinsi Sulut Zulkifli Golonggong, SPDi‎ bersama Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Bitung Drs Audi Pangemanan melakukan pengguntingan pita atas Rumah Pintar Pemilu “Sabua Tarsius” KPU Kota Bitung‎

Turut hadir dalam lauching tersebut Perwakilan Partai Politik di Kota Bitung, Forkopimda kota Bitung, Perwakilan Pengurus Osis, serta Perwakilan Pimpinan organisasi kemahasiswaan.(refly)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*