Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitungLiputan Khusus

Setahun Pimpin Kota Bitung, MaMa Raih Berbagai Prestasi

×

Setahun Pimpin Kota Bitung, MaMa Raih Berbagai Prestasi

Sebarkan artikel ini

PEMERINTAH KOTA BITUNG

MaMa, Kota Bitung
Walikota Maximiliaan Lomban SE MSi dan Wakil Walikota Ir Maurits Mantiri terus bersinergi mambangun Kota Bitung yang lebih baik

BITUNG adalah sebuah Kota yang sangat diberkati Tuhan. Gunung, Pulau, Selat, Hutan, Endemik Unik, Biota Laut, Kekayaan Industri dan Keanekaragaman Budaya terdapat didalamnya. Waktu berlalu dengan cepat, perjalanan waktu akan selalu menuntun kita pada penentuan pilihan, Pilihan terhadap kepemimpinan Kota untuk harapan yang pasti dan masa depan yang lebih baik. 9 Desember 2015 adalah sebuah momen bersejarah yang tak akan pernah terlupakan, masyarakat Kota Bitung diperhadapkan dengan enam pilihan Calon Kepala Daerah.

Bitung hebat, 1 Tahun kepemimpinan
MaMa terus bersinergi mambangun Bitung yang lebih baik

Maximiliaan Jonas Lomban dan Maurits Mantiri adalah dua sosok yang sudah dikenal lama masyarakat Kota Bitung, kebaikan dan kerinduan mereka untuk selalu meningkatkan kesejahteraan warga sudah dibuktikan. Bapak Max Lomban, begitu panggilan akrabnya, adalah sosok Birokrat handal. Puncak karier birokrat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bitung membawa beliau untuk berbuat lebih bagi kemajuan Kota melalui jabatan politik sebagai Wakil Walikota Bitung periode 2010-2015. Sedangkan, Bapak Maurits Mantiri merupakan sosok Legislator handal yang telah beberapa kali menjabat sebagai anggota DPRD Kota Bitung dan terakhir sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Bitung. Kedua figur pemimpin yang handal serta mempunyai kesamaan visi membangun Kota Bitung dipertemukan oleh waktu.

MaMa, Bitung,

Slogan MAMA, Max-Maurits, merupakan panji yang diangkat tinggi untuk menggapai cita, Nomor urut 1 memperkuat tekad sebagai prioritas utama untuk membawa warga Kota Bitung pada kehidupan yang lebih sejahtera. Segala jerih lelah dan upaya yang didorong oleh motivasi yang mulia akan selalu mendatangkan Ridho dari kekuasaan Tuhan. Mama Menang, Hasil pleno perolehan suara KPU Bitung pada tanggal 18 Desember menyatakan pasangan Max – Maurits unggul dengan perolehan suara terbanyak 38.831 atau 36.0 %. Lewat Surat Keputusan KPU Kota Bitung Nomor 55/Kpts/KPU-Kota Bitung-023.436291/Pilwako/2015 menetapkan Max – Maurits sebagai Paslon Terpilih Pilkada Bitung Tahun 2015. Melalui SK Presiden No : 131.71.947 Tahun 2016 Max – Maurits dilantik secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey pada tanggal 30 Maret 2016 di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Manado.

Bitung Hebat

Tak berlama-lama dengan euphoria yang ada, Pemerintahan MAMA pun segera dijalankan. Program “kerja, kerja dan kerja” adalah etos yang diterapkan dalam menggapai cita mulia menuju Bitung Hebat. Visi dan misi yang diusung dijalankan sesuai komitmen yang kuat, Bitung yang Maju, Berdaya Saing, Berbudaya dan Sejahtera menjadi Titik Simpul dan Pintu Gerbang Indonesia di Kawasan Asia Pasifik. Berbagai prestasi pun segera diraih, Piagam Penghargaan Kementerian Hukum Dan HAM RI, Raihan WTP kelima, Adipura ke Sepuluh Beruturut turut, Penghargaan WTN Tahun 2016, Penghargaan The Best Project Implementation Unit 2016 Kota Bitung dan lain sebagainya.

Bitung hebat, Lomban -Mantiri

Rentetan waktu tidak selalu indah untuk dijalani. Keinginan, komitmen dan motivasi yang kuat Pemerintahan Mamapun harus diuji saat dikeluarkannya kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, yang awalnya dimaksudkan untuk perbaikan dunia kelautan dan perikanan berdampak pada melambatnya Pertumbuhan Ekonomi Kota Bitung serta terpuruknya dunia kelautan dan perikanan warga Kota Bitung. Tuhan selalu memberikan ilham bagi hambaNya yang memilliki hati yang sabar, ikhlas dan yang selalu memikirkan kepentingan dan kesejahteraan banyak orang. Jawaban dari setiap cobaan selalu ada di dekat sebuah kesabaran, Kecintaan yang begitu kuat terhadap warga Kota Bitung menghasilkan gagasan yang cemerlang untuk membangun kembali.

Bitung, MaMa

Festival Pesona Selat Lembeh adalah terobosan yang diprakarsai MAMA, Lompatan quantum terjadi, Roda perekonomian Kota Bitung bergairah lagi, Kunjungan Wisatawan serta Peningkatan Nilai Investasi menjadi pemicu naiknya nilai kota serta kesejahteraan masyarakat Kota Bitung.

Bitung hebat,

Tidak lama berselang ketabahan warga Kota Bitung kembali di uji, Minggu, 12 Februari 2017, Banjir bandang dan tanah longsor menerjang Kota Bitung, ratusan rumah rusak, puluhan masyarakat harus mengungsi, kerugian diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah.

Bitung hebat

MAMA pun bertindak dengan penuh cinta dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom warga yang sangat dicintainya, Max – Maurits langsung turun ke lokasi bencana bersama warga ikut membantu sambil mencari solusi terbaik dalam penanganan bencana tersebut. Tindakan nyata MAMA beresonansi, bantuan datang dari berbagai pihak, Kepala BNPB Pusat, Gubernur Sulawesi Utara, bahkan Presiden melalui Menteri Sosial Republik Indonesia, TNI, Polri, Pihak Swasta ikut membantu baik dalam bentuk moril, alat berat maupun logistik.

bitung Hebat

Rintangan hanya membuktikan ketangguhan, kegigihan, ketabahan, dan dalamnya rasa cinta MAMA kepada warga Kota Bitung untuk tetap berusaha meraih cita dan impian mensejahterakan masyarakat, MAMA bangkit kembali melalui berbagai terobosan dan inovasi yaitu :

  1. Bidang evaluasi pengawasan dan pengawasan anggaran, Aplikasi “SiMaMa”
  2. Bidang pelayanan masyarakat dan informasi Kota Bitung, Aplikasi “OneBit”, Grup Facebook KP3B, serta “Mama Marakyat” (Maesa Melayani, Mendengar, dan Menjawab Keluhan Masyarakat).
  3. Bidang kesehatan, Gerakan “Mama Perkasa” (Max-Maurits Peduli Kesehatan Masyarakat)
  4. Bidang pendidikan, Gerakan “MaMa Cepat” (Max-Maurits Cerdas Peduli Anak Tidak Sekolah)
  5. Bidang transaksi online rekening air PDAM, Aplikasi “Mama Simpatik”
  6. Bidang Ketahanan Pangan, Gerakan Mari Menanam “MaMa” Cabai dan Program Hidroponik
  7. Bidang pelayanan Kesehatan yang berkolaborasi dengan pelayanan Kependudukan “Mama Mahir” (Mama Melahirkan Mendapat Akte Kelahiran)
  8. Bidang Sanitasi, “Amnesti Tanki Septik”
  9. Bidang Peningkatan Kemampuan ASN, THL, Pala, RT lewat Sosialisasi yang dilaksanakan di 8 Kecamatan. ‎Serta beberapa penghargaan yaitu : Penghargaan di bidang manajemen lalu lintas “WTN Kategori Lalu Lintas” dan Penghargaan di bidang Public Relations – “PRIA 2017”

Harapan tak pernah musnah, Impian tak pernah pudar, Wujudkan Bitung sebagai Pintu Gerbang Indonesia di Kawasan Asia-Pasifik, Selamat Hari Ulang Tahun Kepemimpinan Maximiliaan J Lomban dan Ir. Maurits Mantiri sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bitung.(advetorial/refly)