Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususMinahasa Selatan

DPRD Minsel Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun 2016

×

DPRD Minsel Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun 2016

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, AMURANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Jumat (31/3) sore tadi menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2016.

DPRD Minsel, LKPJ
Rapat Paripurna DPRD Minsel dipimpin Ketua Jenny Tumbuan SE didampingi Wakil Ketua Frangky Lelengboto ST

Rapat paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, didampingi Wakil Ketua Frangky Lelengboto ST, anggota DPRD dan dihadiri Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, Wakil Bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar SH, Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, Wakapolres Minsel Kompol Prevy Tampanguma, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah (PD), dan Camat.Ketua DPRD Jenny Johana Tumbuan SE mengatakan, Setelah melalui rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Minsel.

DPRD Minsel, Pemkab Minsel, LKPJ
Anggota DPRD Minsel yang menghadiri Rapat Paripurna LKPJ Kepala Daerah tahun 2016

“Hari ini kita agendakan rapat paripurna dalam rangka penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2016,” kata Tumbuan.

Sementara itu Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dalam sambutannya mengatakan, penyampaian LKPJ kepala daerah ini, merupakan refleksi dari nilai nilai demokrasi dan akuntabilitas yang disampaikan kepada DPRD sebagai mitra kerja Pemda yang mengemban fungsi lembaga wakil rakyat.

DPRD Minsel, Pemkab Minsel, LKPJ
Rapat Paripurna LKPJ Kepala Daerah 2016 dihadiri Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati Franky Wongkar SH

“Mekanisme LKPJ kepala daerah merupakan wahana untuk saling berbagi peran dalam mengevaluasi kondisi kinerja pemda yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2016,” kata Bupati.

DPRD Minsel, Pemkab Minsel, LKPJ
Rapat Paripurna DPRD Minsel dalam rangka LKPJ Kepala Daerah tahun 2016 dihadiri Forkopimda Minsel, Sekretaris Daerah Drs Danny Rindengan MSi

Dia menambahkan, kemitraan lembaga eksekutif dan lembaga legislatif adalah merupakan sebuah gambaran paradigma baru. Kalau seluruh Ranperda yang diserahkan itu, diajukan untuk mengatur segala pembangunan serta pengawasan di setiap desa.

DPRD Minsel, Pemkab Minsel, LKPJ
Suasana Rapat Paripuran DPRD Minsel dalam rangka mendengarkan penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun 2016

“Ranperda Zonasi untuk mengatur pembangunan di setiap kecamatan, sedangkan yang lain adalah untuk mengawasi keuangan di setiap Desa, terutama Dana ADD dan DD yang dialokasikan ke setiap Desa,” tandasnya.(dav/adv)