Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

601 Usulan Musrenbang Kelurahan Yang Terdata Di Dalam Aplikasi EDevPlan

×

601 Usulan Musrenbang Kelurahan Yang Terdata Di Dalam Aplikasi EDevPlan

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA,melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Manado Michler Lakat,SH membuka Forum Perangkat Daerah Kota Manado yang di gelar Bapelitbangda Kota Manado di ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado,Jumat (24/3/2017).

Dalam sambutannya Asisten 1 mengatakan Forum Perangkat Daerah menjadi forum yang tepat untuk mensinkronkan program dan kegiatan yang berasal dari musrenbang kelurahan dan musrenbang kecamatan dengan program dan kegiatan pemerintah kota.

“Forum Perangkat Daerah Kota Manado saat ini menjadi kesempatan yang baik bagi para pemangku kepentingan untuk melakukan sinkronisasi penyelarasan atas program atau kegiatan dari masyarakat melalui musrenbang kelurahan dan kecamatan dengan program dan kegiatan di renja PD yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang RKPD Kota Manado yang akan menjadi bagian perencanaan pembangunan Kota Manado tahun 2018” ungkap Lakat.

Di tambahkan sinkronisasi dengan program prioritas nasional dan program pemerintah provinsi Sulawesi Utara juga penting dilakukan untuk menghasilkan implementasi program dan kegiatan Kota Manado untuk dapat berjalan secara efektif, efisien, dan sejalan dengan konsep pembangunan nasional serta provinsi.

“Dalam forum ini akan diselaraskan program dan kegiatan lintas perangkat daerah, serta sinkronisasi dengan program prioritas nasional dan program pemerintah provinsi Sulawesi Utara,” jelas Lakat

Sementara itu Kepala Bapelitbang Kota Manado, Dr. Liny Tambajong (Kaban Liny) menjelaskan, berdasarkan data eDevPlan Kota Manado yang menampung data-data perencanaan musrenbang kelurahan dan musrenbang kecamatan,pada pelaksanaan musrenbang Kota Manado Tahun 2017 ini total usulan musrenbang kelurahan yang terdata di dalam aplikasi eDevPlan yaitu sebanyak 601 usulan.

“Pada pelaksanaan musrenbang kelurahan tahun 2017 ini, usulan yang masuk ke eDevPlan Bapelitbangda sebanyak 601 usulan dengan rincian 524 usulan untuk bidang infrastruktur, 63 usulan untuk bidang sosial budaya, dan 14 usulan untuk bidang ekonomi” jelas Kaban Liny.

Sementara untuk musrenbang kecamatan usulan yang masuk yaitu sebanyak 482 usulan dengan rincian 449 usulan untuk bidang infrastruktur, 25 usulan untuk bidang sosial budaya, dan 8 usulan untuk bidang ekonomi” lanjutnya.

Terdapat 7 isu strategis tahun 2018 dalam pembangunan di Kota Manado. “Pertama Pendidikan, selanjutnya kesehatan, pariwisata, kerukunan keamanan dan ketertiban, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, infrastruktur permukiman dan tata ruang, dan terakhir lingkungan hidup dan mitigasi bencana, merupakan 7 isu startegis pembangunan Kota Manado tahun 2018” jelas Kaban Liny.

Kaban Liny juga menjelaskan terkait platform menuju pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dalam hubungannya dengan pengembangan Kota Baru Manado dan masterplan pengembangan infrastruktur Kota Manado.(mlz)