Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Universal Access Jadi Satu Unsur Wujudkan Kehidupan Berkualitas

×

Universal Access Jadi Satu Unsur Wujudkan Kehidupan Berkualitas

Sebarkan artikel ini

Pemprov Sulutmanadoterkini.com, SULUT – Peningkatan kualitas akses sanitasi (universal access) menjadi salah satu unsur penting dalam mewujudkan kehidupan yang berkualitas. Karena itu, dalam rangka mewujudkan hal ini, universal access telah disebutkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Strategi dan berbagai kegiatan pendukung yang konstruktif senantiasa dilakukan dan terus dipacu serta dimantapkan, guna pencapaian target 100 % atau (95 % akses layak dan 5 % akses dasar) pada akhir Tahun 2019.

“Berdasarkan Profil Sanitasi dalam Roadmap Sanitasi Provinsi Sulawesi Utara, menunjukkan capaian yang belum maksimal, dimana capaian Nilai Indeks Profil Sanitasi Kabupaten/Kota sebagian besar masih berada dalam kategori kuning (buruk) bahkan merah (sangat buruk),” ungkap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Rudi Mokoginta saat mewakili Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS, Selasa (04/04/2017).

Mokoginta saat membuka kegiatan Kick-Off Meeting Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman dan Air Minum Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2017, menambakan khusus untuk Provinsi Sulawesi Utara, target 100 % pada akhir tahun 2019 sejauh ini dinilai masih belum maksimal.

“Hal itu secara nyata tergambar dari capaian Akses Layak Sulawesi Utara, status Bulan Desember 2016, dimana aspek layak untuk air limbah domestik baru mencapai 43,77 %, sampah tertangani di perkotaan baru mencapai 46,1 %, serta angka pengurangan sampah baru mencapai 1,23 % (jauh dari target pengurangan sampah pencapaian universal access yang mencapai 20 %),” ujarnya.

Oleh karena itu, Dia mengharapkan acara yang dihadiri oleh Pengurus dan Anggota Pokja Sanitasi Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Tim Panel Nawasis, Prosda ini, dapat mengasilkan rekomendasi konstrukrif yang dapat diaktualisasikan dalam rangka pencapaian target universal access (100-0-100) yakin 100 % akses air minum 0 % kumuh dan 100 % akses Sanitasi.(alfa)