Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Toemandoek Paparkan Letak Strategis IHP Bitung di Makassar

×

Toemandoek Paparkan Letak Strategis IHP Bitung di Makassar

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Utara, DR Ir Ricky Toemandoek MM paparkan letak strategis dari International Hub Port (IHP) Bitung kepada para gubernur se-Indonesia Timur di PT Pelindo IV Makassar, Rabu (05/03/2017) kemarin.

ToemandukToemandoek dalam kesempatan itu menyampaikan alasan mengapa IHP harus ada di Pelabuhan Bitung.

“Geoposisi strategis Sulut terhadap jarak, baik itu laut maupun udara sehingga pengembangan Bitung untuk IHP sangat layak,” terangnya.

Pada pertemuan ini, Dirut Pelindo IV Doso Agung mensupport dan mengamini IHP Bitung. “Untuk merealisasikannya, maka sinergitas dan konsolidasi harus terus dibangun kemudian dari segi jarak yang pendek tidak perlu lagi ekspor dan impor tidak terkonsentrasi lagi via Surabaya dan Tanjung Priuk tetap harus via Bitung,” terangnya.

toemandukToemandoek menyebutkan lewat pertemuan ini lebih memperjelas, memperkuat sekaligus memantapkan posisi Pelabuhan Bitung sebagai IHP. Di mana, mulai pada akhir bulan April 2017 rencana akan dilaunching pelayaran perdana RORO Davao – General Santos – Bitung, yang nantinya untuk keberlanjutannya akan diagendakan MoU antara Presiden Jokowi dan Presiden Duterte pada saat Asean Summit dan BIMP-EAGA Summit di Philipina.(alfa)