Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Hasil Lobi Bupati, Pemkab Minsel Kembali Terima Dua Unit Alsintan Dari Kementan RI

×

Hasil Lobi Bupati, Pemkab Minsel Kembali Terima Dua Unit Alsintan Dari Kementan RI

Sebarkan artikel ini

minselmanadoterkini.com, AMURANG-Menteri Pertanian (Mentan) RI melalui Direktur P2HP Kementan RI Ir Yanwardi MS menyerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) jenis Corn Combine.

Bantuan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Minsel Ir Frans Tilaar di kantor Dinas Pertanian Minsel.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pertanian Ir Frans Tilaar kepada manadoterkini.com.
Menurut Dia, bantuan ini dimaksudkan guna mendukung program nasional Upaya Khusus (Upsus) peningkatan produksi  padi, Jagung, dan kedele (Pajele) untuk mensukseskan kedaulatan pangan Tahun 2017 ini di daerah-daerah sentra produksi pangan termasuk Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Dalam kesempatan ini, Direktur P2HP Ir Yanwardi MS yakin bahwa, Minsel akan kembali swasembada beras seperti dulu pernah sukses sebelumnya dimana saat itu bupatinya juga adalah Bupati Christiany Eugenia Paruntu.

Sementara itu, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE berjanji akan mensukseskan hal tersebut, Dia bertekad akan mengembalikan lahan-lahan pertanian yang selama ini tergusur karena tambang dan kegiatan lainnya, kepada petani.

“Lahan pertanian tidak boleh berkurang dan justru harus bertambah, karena hal pertama yang harus dimiliki petani adalah lahan yang memiliki kepastian baik dari segi status hukum maupun dalam perencanaan dari dinas pertanian harus betul-betul terencana,” ungkapnya.

Lanjut Dia, dalam rangka mendukung usaha tani di Minsel Pemkab Minsel telah mengatasi dengan membangun Bendungan di Tatapaan dengan anggaran Rp 22 Miliar dan pada 2017 dan bantuan pipanisasi dari Sungai disejumlah krcamatan yang menuju di beberapa desa akan diperbaiki.

“Tahun 2017 akan kita bangun sejumlah bendungan, apalagi anggarannya sudah tersedia di Dinas Pekerjaan Umum. Mudah-mudahan tidak terganggu dengan defisit anggaran pemerintah. Ya  petani harus banyak berdoa agar rencana ini berjalan lancar,” pinta Bupati.

Tak hanya itu Bupati juga berharap melalui pendidikan pertanian yang telah dilaksanakan akan mewujudkan satu penyuluh untuk tiap desa, sehingga para petani memiliki kemampuan selain yang turun temurun juga mampu melakukan modernisasi pertanian dengan mekanisasi seperti Alsintan yang ada.

Dia juga menyampaikan bahwa, pemerintah daerah dalam hal ini akan semaksimal mungkin untuk terus memfasilitasi permasalahan yang dihadapi petani.

“Bukti Upaya ini kami lakukan, antara lain kami bisa meyakinkan menteri pertanian untuk melihat langsung potensi pertanian di Minsel yakin betul, kalau ini dilaksanakan secara intensif, sesuai dengan pola tanam dan lain sebagainya,” kata Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tetty juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kementerian Pertanian yang telah memberikan bantuan Alsintan ini.(dav)