Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Bupati : Pemda Wajib Laksanakan Apa Yang Sudah Ditetapkan Dalam RKPD

×

Bupati : Pemda Wajib Laksanakan Apa Yang Sudah Ditetapkan Dalam RKPD

Sebarkan artikel ini

Mitramanadoterkini.com,RATAHAN-Bupati Mitra James Sumendap SH membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 kabupaten Minahasa Tenggara di Lamet,Jumat (07/04).

Kepala BAPEDA (Badan Perencanaan Daerah) kabupaten Mitra melalui kabid sosial budaya dan pemerintahan Damly Aruperes, dalam laporannya mengatakan, Tema RKPD tahun 2018 adalah Melanjutkan dan memantapkan program program pembangunan daerah yang berkualitas dan berkeadilan guna terwujudnya masyarakat minahasa tenggara yang jelas sejahtera.

“Tujuan pelaksanaan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten Mitra dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan provinsi Sulawesi Utara serta mengklarifikasi usulan. Program dan kegiatan prioritas yang telah disampaikan masyarakat pada musrembang kecamatan,mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah,”terang Aruperes.

Sementara itu Bupati dalam sambutannya mengatakan.”Kehadiran kita di musrembang ini dalam rangka meningkatkan peran serta semua elemen di kabupaten Mitra dalam penyusunan program-program pemerintah kedepan. RKPD mempunyai peran yang sangat strategis, mengingat secara substansial merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD, maka pemerintahan daerah wajib melaksanakan program dan kegiatan pemerintah yang ditetapkan dalam RKPD,”tegas Bupati.

Bupati mengingatkan Musrembang ini tujuannya dalam rangka penyusunan kebijakan makro dimana program-program yang nantinya dijabarkan dalam kebijakan mikro dimana ada urusan wajib dan urusan lainya.

”Musrembang ini merupakan tahun terakhir dalam pelaksanaan dimana pertanggung jawaban penyelenggaraan pemerintah daerah sebagai Bupati dan Wakil Bupati hari ini dapat dilaksanakan karena agenda agenda yang nantinya akan menjadi program di tahun 2018,”tutur Bupati.

Acara ini dihadiri pimpinan dan anggota DPRD,Forum koordinasi pimpinan daerah, Staf khusus bupati, Sekda Mitra,para asisten, perangkat daerah provinsi Sulawesi Utara, instansi vertikal, perangkat daerah kabupaten Mitra, para camat serta delegasi 12 kecamatan, kepala bagian, tokoh agama, Forum Anak Daerah, Forum kabupaten Sehat perangkat daerah,LSM dan organisasi profesi.(Jay)