Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Dukung Konservasi Kelautan dan Perikanan, Luhut Ingatkan Pengolahan Sampah

×

Dukung Konservasi Kelautan dan Perikanan, Luhut Ingatkan Pengolahan Sampah

Sebarkan artikel ini

Luhut Pandjaitanmanadoterkini.com, SULUT – Isu yang menjadi sentral di dunia adalah sampah dan Indonesia negara urutan kedua penyumbang sampah setelah china. Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (7/4/2017) di Kantor Sekretariat Regional CTI-CFF Manado.

Dalam kunjungan kali ini Menteri Luhut menegaskan kembali dukungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman atas pentingnya upaya-upaya nyata di lapangan terkait konservasi kelautan, perikanan berkelanjutan dan ketahanan pangan yang dilakukan oleh organisasi multilateral CTI -CFF dengan pembangunan ekonomi kemaritiman di Indonesia.

“Pada dasarnya tujuan kegiatan CTI-CFF kurang lebih sejalan dengan program-program pembangunan ekonomi maritim kita. Misalnya pengelolaan sampah dan pengurangan plastik debris serta pengembangan industri strategis bidang kemaritiman berkelanjutan,” terang Menko Luhut didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Ditambahkan Menko Luhut bagaimana memusnakan sampah pertama plastik dan non plastik. “Plastik di bakar bisa menghasilkan listrik. Dan hampir semua pelabuhan di Indonesia tidak bersih. Untuk itu musti diadakan pembersihan setiap pelabuhan dan sungai – sungai dan harus ada kesadaran mulai dari lingkungan kita sendiri,” tegas Menko Luhut.

“Perlu diingatkan kepada masyarakat Indoneaia Plastik di makan oleh ikan ini bahaya untuk kesehatan kita terutama pada ibu-ibu hamil bisa menggangu janin di kandungan,” kata Menko Luhut.

Untuk itu, Menko Luhut meminta Gubernur Olly untuk mensosialisasikan masalah kebersihan di gereja dan mesjid dan kepada masyarakat.
“Bagaimana turis mau datang kalau lingkungan tidak bersih, turis destination bisa hancur, tutup Menko Luhut.(alfa/aldi)