Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Teleconference Dengan TP PKK Pusat dan Menteri Pertanian, Ir Rita Tamuntuan Fokus Program Gertam

×

Teleconference Dengan TP PKK Pusat dan Menteri Pertanian, Ir Rita Tamuntuan Fokus Program Gertam

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan mengatakan PKK Sulut sekarang ini fokus mengoptimalkan dan menggelorakan Gerakan Tanam (Gertam), sebagai langka pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman holtikultura.

Hal ini disampaikan Ir Rita saat teleconference bersama Ketua Umum TP PKK Pusat, Nyonya Erni Tjahjo Kumolo dan Menteri Pertanian RI DR Ir H Andi Amran Sulaiman MP, yang digelar di Balai Penkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalasey Satu, Kabupaten Minahasa, Senin (10/04/2017).

Dalam percakapan teleconference secara serentak diseluruh Provinsi se-Indonesia, Ibu Rita turut didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Saat berdialog Tamuntuan menyatakan bahwa Program dan Kegiatan PKK nantinya akan menjadi suatu Gerakan Masyarakat yang implementasinya melalui Pemanfaatan Pekarangan di sekitar rumah, dengan memanfaatkan berbagai jenis tanamam pangan. Lewat aksi menanam berbagai jenis tanaman pangan yang bernilai ekonomis tinggi.

“Minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga dan tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah serta bernilai ekonomis,” Tandas Istri tercinta Gubernur Sulut ini.

PKK Sulut, Menteri PertanianLebih jauh di tegaskan Nyonya Ir Rita menjelaskan secara khusus mengingatkan kepada Dasa Wisma dari tingkat Kecamatan/Desa dan Kelompok Tani, agar secara Intens melakukan penyuluhan di setiap pertemuan PKK, untuk menaman cabai, sebagai solusi atas fluktuasi harga komoditi ini yang sering menimbulkan gejolak harga di pasaran.

Dikesempatan itu pula, Ketua TP PKK Provinsi Sulut, Nyonya Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan, berkenan menyerahkan secara simbolis tanaman cabai, kepada Pengurus TP PKK Kabupaten/Kota.

Selanjutnya Menteri Pertanian RI mengatakan bahwa Tanaman Pangan Produktif yang digelorakan lewat Gerakan Tanam seluruh Indonesia berupa pembagian benih holtikultura sebanyak 10 juta bibit, telah disalurkan ke tiap Provinsi.

Teleconference tersebut juga turut dihadiri segenap Pengurus TP PKK Prov Sulut dan Pengurus TP PKK Kabupaten/Kota, Pengurus Dharma Wanita Provinsi/Kabupaten/Kota, Ibu-Ibu Prajurit Pengurus Daerah Persit Candra Kirana, Jalasenastri, Pia Ardagarini serta Bayangkari, Pejabat Teras Lingkup Pemprov Sulut termasuk Jajaran lingkup Dinas/Balai Pertanian Sulut.(alfa)