Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

GSVL Teken MoU, BMKG Dukung Informasi di Cerdas Command Center

×

GSVL Teken MoU, BMKG Dukung Informasi di Cerdas Command Center

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Akses informasi akurat bagi masyarakat Kota Manado terus dilakukan Pemkot Manado di bawah kepemipinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Dominis Bastiaan. Seperti halnya kondisi alam Kota Manado diantaranya informasi iklim, tsunami, maupun gempa bumi ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, Selasa (25/04) pagi tadi di Ballroom Krakatau Hotel Mercure Ancol Jakarta.

BMKG-Pemkot ManadoMoU tersebut membuktikan komitmen BMKG mendukung terobosan GSVL-Mor menghadirkan Cerdas Command Center (C3) sebagai pemanfaatan informasi public. Penandatanganan tersebut dilakukan Walikota GSVL dan Kepala BMKG Pusat Dr Andi Eka Sakya MEng, dalam acara Rapat Koordinasi (Rakornas) BMKG 2017.

Delapan point yang disepakati dalam MoU untuk disebarluaskan melalui Cerdas Command Center Manado tersebut, diantaranya informasi prakiraan cuaca, informasi cuaca ektreem, informasi tinggi gelombang laut, informasi cuaca pelayaran, informasi kejadian gempa bumi, informasi peringatan dini tsunami, informasi rukyat/hilal dan gerhana serta informasi petir.

Selain itu, untuk mendukung kerjasama tersebut Pemkot Manado dan BMKG akan membentuk Tim Bersama yang akan mengolah data di Command Center Manado.

BMKG-Pemkot Manado“Kerjasama ini merupakan terobosan kami dalam menghadirkan Cerdas Command Center yang lebih akurat dalam penyampaian informasi menyangkut cuaca, iklim dan sebagainya. Meski demkian, kita semua harus berdoa agar Kota Manado diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari musibah bencana alam dan lain sebagainya,” ujar Walikota dua periode itu.

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, berharap dengan kerjasama yang dilakukan antara BMKG dan Pemkot Manado, akan mempercepat informasi sekaligus meminimalisr dampak yang dtimbulkan manakala terjadi bencana.

“Saya berharap kerjasama ini akan meningkatkan percepatan informasi terkait iklim, cuaca, tsunami dan lainnya. Sehingga, dampak yang terjadi akibat bencana dapat diminimalisir,” ungkap Menhub.BMKG-Pemkot Manado

Lanjut Menhub, dirinya yakin kerjasama ini bermanfaat umtuk memberikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat khususnya Kota Manado. “Saya yakin BMKG lewat kerjasama dengan Pemerintah Kota Manado, bisa menyebarkan informasi seakurat dan secepat mungkin ke warga masyarakat di Kota Manado seputar iklim atau cuaca yang terjadi lewat Cerdas Command Centre yang ada,” pungkas Menhub.

Rakornas ini mengangkat tema Penguatan Sistem Sumber Daya MKG Menuju BMKG Kelas Dunia. Walikota GSVL turut didampingi Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu SE, Kabag Humas Pemerintahan Steven Runtuwene SSos, dan Kabid Persandian Noldy Kilapong SE.(aldi)