Selasa, 21 November 2017

Bupati Vonnie Panambunan Hadir Di MUSREMBANGNAS 2017

manadoterkini.com, JAKARTA – Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, bersama sejumlah jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (MUSRENBANGNAS) 2017, Rabu (26/4/2017) di Jakarta, dalam rangka penyusunan RKP 2018, dengan tema ‘Memacu Investasi dan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan dan Pemerataan’.

minutMURENBANGNAS yang digelar di Hotel Bidakara, dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dan pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi menilai perencanaan anggaran selama ini tak pernah dilakukan secara fokus. Jokowi juga mengkritik kinerja pemerintahan, baik kementerian dan pemerintah daerah, dimana banyak yang tak memiliki prioritas yang jelas. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi, sesuai dengan pengamatan di lapangan yang dilakukannya.

minut“Yang berkaitan dengan anggaran, Saya ingatkan bahwa kita ini sudah bertahun-tahun, anggaran kita tidak pernah fokus. Perencanaan kita tidak pernah fokus dan tidak memiliki prioritas yang jelas,” ujar Jokowi, ketika membuka MUSRENBANGNAS 2017.

minutDiingatkannya, agar kementerian dan lembaga, provinsi, serta kabupaten dan kota agar lebih memprioritaskan apa yang direncanakan untuk dikerjakan. Presiden juga meminta agar prioritas program tak terlalu banyak dan lebih difokuskan. Bahkan ia meminta agar jumlah program yang direncanakan tak lebih dari lima program.

minut“Di bawah tiga lebih baik, kalau masih sulit juga di bawah lima cukup. Jangan semuanya jadi prioritas, ini kebiasaan kita, ini rutinitas yang mengulang-ulang. Saya lihat hampir semua daerah, APBD saya baca, APBN saya baca,” ujar Jokowi.

IMG-20170427-WA0006Selain itu, Jokowi juga meminta agar pemerintah lebih fokus pada pemberian pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan infrastruktur dan investasi, bukan peningkatan tambahan anggaran. Perencanaan yang lebih fokus, sambungnya, dapat memberikan hasil yang lebih baik.IMG-20170427-WA0002

IMG-20170427-WA0005“Kalau ada tambahan APBD, APBN 10 persen, langsung semua dinas naik 10 persen semuanya. Di kementerian juga sama naik 10 persen semuanya. Di dinas juga sama, tahun ini kok kita nggak dapat tambahan. Nggak usah fokus pelayanan saja. Hasilnya akan nampak,” tegas Jokowi.

IMG-20170427-WA0004Sementara itu Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan, usai mengikuti MUSRENBANGNAS 2017 mengatakan, sangat mendukung apa yang diharapkan Presiden Jokowi, terkait permasalahan khusunya dalam anggaran pembangunan untuk menyusun prioritas program perencanaan pembanguanan, agar lebih difokuskan.IMG-20170427-WA0001

IMG-20170427-WA0003“Saya sangat mendukung dengan apa yang disampaikan Pak Presiden Jokowi. Dan sebagai Bupati pilihan masyarakat Minut, Saya selalu berusaha berbuat yang terbaik dalam pembangunan-pembangunan yang sekarang sedang berjalan di daerah,” ujar Bupati VAP-sebutan akrab orang nomor satu di Minut ini, yang didampingi Plt Sekertaris Daerah Arnolus D Wolajan SSTP MM, Asissten II Allan Mangkid dan Kabag Humas Minut Styvi Watupongost serta sejumlah staf Pemkab Minut.(Advetorial)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*