Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Wapres JK Puji Kerukunan Masyarakat Bumi Nyiur Melambai

×

Wapres JK Puji Kerukunan Masyarakat Bumi Nyiur Melambai

Sebarkan artikel ini


Gubernur OD dan Walikota GSVL Diminta Wapres JK Terus Jaga Kedamaian Sulut dan Kota Manado

Pekan Kerukunan
Wapres Jusuf Kalla membuka Pekan Kerukunan tahun 2017 di Hotel Peninsula Manado

WAKIL Presiden (Wapres) RI H.M Jusuf Kalla memberikan apresiasi yang tinggi atas kerukunan dan kedamaian warga Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado.

Pekan Kerukunan
Suasana pembukaan Pekan Kerukunan 2017 di Hotel Peninsula Manado

Tak heran Wapres JK menitipkan pesan kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Walikota Manado DR G.S Vicky Lumentut untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragama yang selama ini terjalin dengan mesra di daerah yang terkenal dengan semboyan Torang Samua Ciptaan Tuhan tersebut.

“Saya sangat memberikan penghargaan atas kerukunan yang tercipta di Sulawesi Utara ini khususnya Kota Manado. Dimana, Sulut mampu menjadi daerah yang tidak terpancing dengan konflik meskipun disebelah timur bergejolak (Maluku Utara) dan sebelah selatan (Poso) tetapi di Sulawesi Utara tetap aman dan tentram terjaga kerukunannya,” ujar Wapres Jusuf Kalla disaat membuka pertemuan akbar Pekan Kerukunan Nasional 2017 di Hotel Sintesa Peninsulla Manado, Minggu (23/04).

Pekan Kerukunan
Sambutan dan arahan Wapres Jusuf Kalla dalam pembukaan Pekan Kerukunan Nasional Tahun 2017 di Hotel Peninsula, Kota Manado

Lanjutnya, ini jadi contoh bagi seluruh daerah atau bangsa Indonesia. Hormati perbedaan dan tidak mencampuri urusan internal masing-masing. Menghargai persamaan dan menghormati perbedaan. Karena itu sangat penting bagi bangsa Indonesia terkait kerukunan.

“Biarlah negara-negara lain berkonflik, meski ada perbedaan tetapi kita tetap jaga kerukunan diantara kita. Kita tidak ingin mundur 50 tahun kebelakang jika terjadi konflik, seperti yang terjadi di Irak, Pakistan, Afganistan dan Siria. Kita harus jalankan kerukunan dengan baik, rukun harus dibarengi dengan kemajuan ekonomi dan pendidikan tentunya. Untuk itu saya menitip pesan dan berharap, Pak Gubernur Sulut dan Walikota Manado bisa terus menjaga kedamaian dan kerukunan warga didaerah yang terkenal luar biasa senyumnya itu,” saran Wapres Kalla disambut aplaus undangan yang ada.

GSVL Bangga Kota Manado Dipercayakan Tuan Rumah Pekan Kerukunan Nasional 2017

Pekan Kerukunan
Walikota Manado GS Vicky Lumentut menyambut kedatangan Wapres Jusuf Kalla di Peninsula Hotel

WALIKOTA Manado DR G.S Vicky Lumentut menyatakan bangga dan senang Kota Manado bisa kembali dipercayakan sebagai tuan rumah hajatan nasional seperti Pekan Kerukunan Nasional dalam rangka Paskah Nasional 2017 yang kegiatannya akan bergulir hingga 28 April nanti.

“Ini merupakan bentuk kepercayaan yang besar pemerintah pusat ke Kota Manado, khususnya daerah Nyiur Melambai Sulut. Atas keberhasilan menjadi daerah yang dinilai sebagai percontohan Kerukunan dan Kedamaian di negara ini, semoga dari hajatan nasional ini bisa membawa hikmah bukan hanya kita warga Kota Manado dan Sulut. Tetapi boleh juga untuk daerah lainnya, agar bisa tercipta hidup rukun dan damai karena Torang Samua Ciptaan Tuhan,” ujar Walikota GSVL saat diwawancarai sejumlah wartawan.

Pekan Kerukunan
Wapres JK menyalami Rektor Unima yang adalah Ketua TP PKK Kota Manado sekaligus Ketua PMI Kota Manao Prof Dr Paula Lumentut Runtuwene di lobi  Hotel Peninsula

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menkumham RI Yasonna H Laoly, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wagub Drs Steven Kandouw, Ketua Sinode GMIM Pdt HBW Sumakul MTh, unsur Muspida Propinsi Sulut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado yang juga Rektor Unima Prof DR Julyeta P.A Runtuwene dan sejumlah Pimpinan FKUB dan BKSAUA se-Indonesia.

Gubernur OD Lepas Parade Kerukunan di Boulevard

Pekan Kerukunan
Parade Kerukunan di Manado. Walikota GSVL dan Wawali Mor Bastiaan bersama istri mengapit Sekda di tengga dengan latar tokoh Agama di kendaraan hias

 

PEMBUKAAN Pekan Kerukunan Nasional tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diwarnai dengan Parade Kerukunan yang dilepas Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE di depan Mantos 3, jalan Piere Tendean Boulevard, Minggu (23/04) malam tadi.

Parade yang mengitari jalan boulevard mulai dari depan Mantos 3 hingga Marina Plaza diikuti puluhan kendaraan hias.

GSVL-Mor Naiki Kendaraan Hias Pemkot Manado

Pekan Kerukunan
Walikota GSVL dan Wawali Mor bersama Sekda Rum Usulu mengikuti parade Kerukunan

MENARIK, kendaraan hias Paskah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mendapat perhatian Gubernur OD, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw serta para pejabat yang hadir.

Pekan Kerukunan
Parade Kerukunan Kendaraan hias Pemkot Manado

Pasalnya kendaraan yang menampilkan kerukunan antar umat beragama dengan simbolisasi tokoh agama itu, dinaiki Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Sekretaris Daerah (Sekda) Manado Drs Rum Dj Usulu serta Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy EG Lengkong STh.

Pekan Kerukunan
Foto bersama Walikota dengan tokoh Agama peserta drumband

“Apa yang ditampilkan Kota Manado dalam Parade Kerukunan sekarang ini, merupakan realita yang terjadi di Kota Manado. Dimana, model kerukunan antar umat beragama ini, telah menjadi contoh di Indonesia,” ujar Walikota GSVL yang turut didampingi istri Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene dan wakil ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ny Imelda Bastiaan Markus.

Buktinya, belum lama ini orang nomor satu di Manado itu menerima penghargaan terkait kerukunan dan kebebasan berkeyakinan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) di Jakarta.

Kendaraan Hias Kota Manado Diapresiasi Masyarakat

Pekan Kerukunan
Kendaraan hias yang ditumpangi Walikota, Wawali dan Sekda Manado mendapat apresiasi warga

PESERTA parade kendaraan hias Pemkot Manado yang dilaksanakan Panitia Paskah Nasional 2017 di Sulut, mendapat apresiasi masyarakat sepanjang route yang dilalui.

“Ini namanya pemimpin yang dekat dengan rakyat. Pak Wali dan Pak Wakil punya cara tersendiri untuk mendapat simpati masyarakat,” tukas Godfried Langkay, warga Jalan Garuda ketika menyaksikan pawai depan MTC Megamas.(liputankhusus)