Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

Bersinergi, GSVL Ikut Rakornas BMKG, Mor di Musrenbang Nasional

×

Bersinergi, GSVL Ikut Rakornas BMKG, Mor di Musrenbang Nasional

Sebarkan artikel ini

GSVL-MOR Terus Berkolaborasi Untuk Manado Lebih Baik

Walikota GSVL dan Kepala BMKG Tandatangani MoU

TEROBOSAN terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dibawah kepemimpinan Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dalam pengembangan Cerdas Command Center (C3). BMKG

Untuk mendapatkan akses informasi yang lebih akurat terkait Iklim, Cuaca, tsunami, serta kondisi alam di Kota Manado, Pemkot Manado melakukan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan informasi publik dibidang meteorologi, klimatologi dan geofisika untuk Command Center Pemkot Manado dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat Selasa (25/04) di Ballroom Krakatau Hotel Mercure Ancol Jakarta.

Penandatanganan tersebut dilakukan Walikota GSVL dan Kepala BMKG Pusat Dr Andi Eka Sakya MEng, dalam acara Rapat Koordinasi (Rakornas) BMKG 2017 mengangkat tema Penguatan Sistem Sumber Daya MKG Menuju BMKG Kelas Dunia.

BMKG
Walikota GSVL menandatangani MoU dengan BMKG

Delapan point yang disepakati dalam MoU untuk disebarluaskan melalui Cerdas Command Center Manado tersebut, diantaranya informasi prakiraan cuaca, informasi cuaca ektreem, informasi tinggi gelombang laut, informasi cuaca pelayaran, informasi kejadian gempa bumi, informasi peringatan dini tsunami, informasi rukyat/hilal dan gerhana serta informasi petir.

Selain itu, untuk mendukung kerjasama tersebut Pemkot Manado dan BMKG akan membentuk Tim Bersama yang akan mengolah data di Command Center Manado.BMKG

“Kerjasama ini merupakan terobosan kami dalam menghadirkan Cerdas Command Center yang lebih akurat dalam penyampaian informasi menyangkut cuaca, iklim dan sebagainya. Meski demkian, kita semua harus berdoa agar Kota Manado diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari musibah bencana alam dan lain sebagainya,” tandas Walikota dua periode itu.

 

Budi Berharap MoU BMKG dan Pemkot Manado Percepat Informasi

BMKG
Walikota GSVL bersalaman dengan Menhub Budi Karya Sumadi

MENTERI Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, berharap dengan kerjasama yang dilakukan antara BMKG dan Pemkot Manado, akan mempercepat informasi sekaligus meminimalisr dampak yang dtimbulkan manakala terjadi bencana.

“Saya berharap kerjasama ini akan meningkatkan percepatan informasi terkait iklim, cuaca, tsunami dan lainnya. Sehingga, dampak yang terjadi akibat bencana dapat diminimalisir,” tutur Menhub.

BMKG
Arahan Menhub Budi Karya Sumadi sekaligus membuka Rakornas BMKG 2017

Lanjut Menhub, dirinya yakin kerjasama ini bermanfaat umtuk memberikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat khususnya Kota Manado.

“Saya yakin BMKG lewat kerjasama dengan Pemerintah Kota Manado, bisa menyebarkan informasi seakurat dan secepat mungkin ke warga masyarakat di Kota Manado seputar iklim atau cuaca yang terjadi lewat Cerdas Command Centre yang ada,” pungkas Menhub.

BMGK
Walikota GSVL terlihat begitu akrab dengan Menhub Budi Karya Sumadi

Walikota GSVL sendiri turut didampingi Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu SE, Kabag Humas Pemerintahan Steven Runtuwene SSos, dan Kabid Santel Drs Noldy Kilapong.(*)

Wawali Mor Wakili Walikota GSVL Hadiri Musrenbang Nasional

SEBAGAI rangkaian tindaklanjut pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional, Rabu (26/04), Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastaan SE mewakili Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, menghadiri Musrenbang Nasional di Hotel Bidakara Jakarta.Murenbang Nasional

Pelaksanaan Musrenbang Nasional yang diikuti para Menteri Kabinet Kerja, maupun Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia itu, dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.Musrenbang Nasional

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengakui hingga kini pekerjaan pemerintah banyak yang tidak fokus. Sehingga, kedepan diharapkan aparatur pemerintah merobah pola kerja dengan memproritaskan pekerjaan yang harus dselesaikan. “Pekerjaan kita banyak yang tidak fokus. Prioritaskan apa yang akan dikerjakan,”ujar Presiden.MOr Bastiaan

Lanjut dikatakan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, arah pembangunan difokus pada 3-5 prioritas penting saja.”Pelayanan investasi dan administrasi harus cepat dan praktis. Inovasi teknologi harus dikembangkan,” tutur Presiden Jokowi.

MOR : Musrenbang Nasional Sangat Penting

Musrenbang  Nasional

WAWALI Mor mengatakan Musrenbang Nasional sangat penting untuk Kota Manado dan daerah lainnya di Indonesia. “Karena disini dapat dilihat apa saja program Nasional yang bisa diimplementasikan untuk daerah,” pungkas Wawali Mor, didampingi Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan (Bapelitbang) Kota Manado DR Liny Tambajong dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Kabag Humas Pemerintahan Pemkot Manado Steven Runtuwene SSos.(Luputan Khusus)