Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Pemkab Mitra Dan Biro Kesra Provinsi Sulut Gelar Rakor Sosialisasi Penanganan Bencana

×

Pemkab Mitra Dan Biro Kesra Provinsi Sulut Gelar Rakor Sosialisasi Penanganan Bencana

Sebarkan artikel ini

jay, mitramanadoterkini.com, RATAHAN – Asisten I Drs. GH Mamahit wakili Bupati membuka rakor penguatan penanganan bencana daerah tahun 2017 kerjasama Pemkab Mitra dengan Biro Kesra Setda Provinsi Sulut, Kamis (08/06) di Aula Kantor Bupati.Mamahit dalam sambutannya mengatakan,lewat pelaksanaan rakor ini kita harus manfaatkan sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan dan memperkuat koordinasi dalam rangka penanganan bencana di daerah.

“Realita yang ada di Mitra adalah ancaman bencana selalu ada, dimana ada gunung berapi Soputan yang masih aktif, kondisi daerah pegunungan,serta daerah pesisir pantai yang sangat luas.Koordinasi senantiasa terus kita lakukan secara sistematis dan terpadu mulai dari penetapan kebijakan pembangunan,pencegahan bencana tanggap darurat dan rehabilitasi,”jelas Mamahit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulut Ir Noldy Liow , ketika membawakan sambutan Gubernur mengatakan bahwa ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dimana kondisi geografis,geolofis,hidrologis dan demografis yang kemungkinan terjadinya bencana dengan frekwensi yang cukup tinggi.

“Faktor alam,non alam maupun faktor manusia yang kesemuanya itu berpotensi menyebabkan timbulnya korban jiwa,kerusakan lingkungan,kerugian harta benda dan dampak psikologis lainya,”terang Liow.

Pelaksanaan rakor ini untuk memperkuat koordinasi terkait penanganan bencana,tanggap darurat bencana dan upaya antisipasi yang semakin baik serta pola penanganan pasca bencana tepat cepat dan baik.

Pada kesempatan ini yang menjadi narasumber antara lain,Kepala Biro Kesra Setdaprov Sulut dr.Kartika Devi Tanos,Kadis Sosial Mitra Fenggy Wurangian,Kaban BPBD Ferry Uway.(Jay)