Rabu, 22 November 2017

Tekan Harga Jelang Idul Fitri Pemkab Minsel Gelar Bazar Sembako

minselmanadoterkini.com, AMURANG - Menjelang Hari raya Idul Fitri yang jatuh dua pekan mendatang, Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) menggelar bazar Sembako pada Kamis (15/6) siang tadi di gedung Teguh Bersinar pusat kota Amurang. Pada bazar yang bekerjasama dengan Pemprov dan Bulog ini bertujuan menstabilkan harga di pasaran. Termasuk menghantam spekulan yang berupaya menaikkan harga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Franky Tangkere mengatakan, bazar sembako diikuti dengan pengawasan. Sesuai instruksi dari bupati, bila didapati ada lonjakan harga akan dilakukan operasi pasar. Operasi ini akan dilakukan hingga sehari sebelum Idul Fitri dengan harapan warga dapat merayakan dengan tenang.

“Bazar ini kita kerjasama dengan Pemprov dan juga Bulog yang menyediakan Sembako. Selain itu juga pemain lokal yang menyediakan rica, tomat dan sayuran. Ini memang program dalam rangka hari raya keaagamaan yang biasanya terjadi lonjakan harga. Makanya selain bazar, disertai pula dengan pengawasan dan operasi pasar,” ungkapnya.

Lanjut Dia, saat ini ada enam pasar yang akan diawasi begitu pula supermarket dan mini market. Bila didapati kecurangan seperti penimbunan maka dapat diproses secara hukum. Selain itu operasi pasar dengan menjual harga sesuai batas yang ditetapkan oleh pemerintah akan dilakukan.

“Kita sudah menyediakan stok Sembako dalam jumlah mencukupi. Makanya saya menghimbau agar masyarakat tidak panik dan menimbulkan rush pada akhirnya malah memicu kenaikan harga. Jadi kalaupun ada kekurangan di pasaran kami siap mengisinya. Prinsipnya pemerintah menjaga harga sesuai batas normal,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*