Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Optimalkan Hasil Pertanian, Sulut Akan Gunakan Teknologi Belarusia

×

Optimalkan Hasil Pertanian, Sulut Akan Gunakan Teknologi Belarusia

Sebarkan artikel ini

belarusiamanadoterkini.com, SULUT – Sulawesi Utara memiliki peluang besar dalam meningkatkan hubungan kerjasama di bidang pertanian dengan Belarusia, mengingat keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang saling mendukung.

“Sulut sedang mengembangkan tanaman jagung seluas 250 ribu hektar. Namun saat ini belum maksimal karena masih terbatasnya peralatan pertanian,” kata Gubernur Olly Dondokambey SE usai mengadakan pertemuan dengan Dubes Belarusia untuk Indonesia, Vladimir Lopato Zagorsky di ruang kerjanya, Selasa (20/6/2017) kemarin.

Oleh karena itu, Olly mengatakan pihak Pemprov Sulut tertarik untuk mendatangkan alat pertanian dari Belarusia. Apalagi, negara Eropa Timur yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa tersebut memiliki teknologi tinggi yang dibutuhkan untuk mengembangkan sektor pertanian. “Rencananya kami akan menggunakan alat pertanian dari Belarusia,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Dubes Zagorsky mengatakan, Belarusia akan mengekspor alat pertanian ke Sulut. Dia yakin peratan tersebut dapat memaksimalkan hasil pertanian di Sulut. “Kami akan memasok alat pertanian ke Sulut seperti traktor dan mesin pengolah pertanian lainnya,” tandasnya.

Lebih jauh, Zagorsky menyebutkan semua rencana kerjasama lainnya juga akan dibahas dalam Sidang Komisi Bersama antara kedua negara. “Nanti bulan Oktober akan diadakan pertemuan Sidang Komisi Bersama antara Belarusia dan Indonesia. Akan dibahas penguatan kerjasama keduanya,” bebernya.

Adapun pertemuan tersebut turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS dan Asisten II Rudi Mokoginta, SE, M.TP dan staf Kedubes Belarusia untuk Indonesia.(hm/alfa)