Sabtu, 18 November 2017

Idul Fitri 1438 Hijriyah, Manado Hidup Rukun dan Damai

GSVL-MOR Pimpin Silaturahmi Idul Fitri di Manado

Idul Fitri

GSVL – Mor foto bersama Wakapolda Sulut didampingi istri masing masing

SAFARI silaturahmi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, dipimpin Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Minggu (25/06) pagi hingga malam tadi.

Diawali kunjungan di rumah dinas (Rudis) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Kelurahan Pakowa, sekira pukul 10.00 Wita, Walikota GSVL dan Wawali Mor didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene dan Wakil Ketua TP-PKK Imelda Bastiaan Markus SE, serta para pejabat Pemkot Manado, bertemu dengan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kota Manado Drs Rum Dj Usulu dan keluarga.

manado

Foto bersama Plt Sekda Manado Rum Usulu

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, Walikota GSVL menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri kepada umat Muslim di Kota Manado. Dirinya berharap, momentum hari kemenangan bagi mereka yang sukses menjalankan ibadah puasa sebulan penuh itu, menjadi pelajaran untuk mengintrospeksi diri menjadi lebih baik.

“Saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat Muslim di Kota Manado. Dan selamat atas keberhasilan melawan hawa nafsu saat berpuasa di bulan suci Ramadhan. Semoga, makna perayaan Idul Fitri membawa hikmah bagi mereka yang merayakannya, untuk ikut membangun Manado lebih baik kedepan,” tandas Walikota GSVL.GSVL

Usai mengunjungi Plt Sekda Manado, rombongan selanjutnya secara berturut-turut ‘bertamu’ di rumah para kolega dan kerabat Walikota GSVL dan Wawali Mor.

Seperti di rumah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara (Sulut) yang beragama Muslim, diantaranya Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Suselo, Komandan Pangkalan TNI Udara Samratulangi (Lanudsri) Manado Kolonel Pnb Arifani Dwiyanto.

manado

Bersama Kadis Perhubungan Kota Manado

Anggota DPRD Sulut Amir Liputo dan Ayub Ali Al Bugis didatangi Walikota GSVL. Selain itu, para anggota DPRD Manado yang beragama Muslim juga mendapat kunjungan rombongan Safari Idul Fitri Pemkot Manado, yakni Bambang Hermawan, Fanny Mantali, Abdul Wahid Ibrahim, Syarifudin Saafa dan Fatma Bin Syech Abubakar. Juga tak lupa rumah keluarga Plt Kepala Dinas Perhubungan M Sofyan.

Keliling Kota Manado, Pawai Takbiran Dilepas Gubernur OD, Dijemput Walikota GSVL

USAI menunaikan ibadah puasa sebulan penuh di bulan suci Ramadhan, umat Muslim di Kota Manado akhirnya merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah tahun 2017.manado

Mengawali perayaan Idul Fitri yang jatuh pada hari Minggu (25/06), umat Muslim melaksanakan pawai takbiran yang dilepas Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, di kantor Gubernur Sulut, jalan 17 Agustus Manado, Sabtu (24/06) malam tadi.

Ratusan kendaraan hias peserta pawai takbiran memadati jalan–jalan utama di Kota Manado mulai dari jalan 17 Agustus, jalan Babe Palar Rike, jalan Sam Ratulangi, jalan Bethesda, jalan Piere Tendean dan finish didepan Masjid Miftahul Jannah Boulevard.GSVL-MOR

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, anggota DPRD Propinsi Sulut yang juga Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) H Amir Liputo SH MH, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Manado, menjemput peserta pawai takbiran dan kendaraan hias.

Walikota GSVL berharap setelah berpuasa dan menghayati makna bulan suci Ramadhan, umat Islam di Kota Manado mampu menjaga kota ini tetap aman, bersih dan rukun.GSVL-MOR

“Saya percaya saudara-saudaraku umat Islam di Kota Manado telah menjalankan ibadah puasa dengan baik, dan saatnya sekarang kembali ke fitrah untuk merayakan Isul Fitri. Semoga, makna di bulan suci Ramadhan akan mmemberikan motivasi bagi kita semua untuk terus menjadikan Kota Manado yang aman, bersih dan rukun,” ujar Walikota GSVL, yang pernah mendapat penghargaan dari Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas-HAM).

Lanjut dikatakan, kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama yang tercipta d Kota Manado harus dipartahankan. Pemkot Manado

“Mari kita pertahankan terus kehidupan yang harmonis antar umat beragama di Kota Manado. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado saya menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” tutur Walikota GSVL.

Buka Puasa Dengan DPRD dan Pers, Walikota GSVL : Manado Masih Aman dan Terkendali

BUKA puasa bersama Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH mSi DEA dengan anggota DPRD Kota Manado dan para jurnalis beragama Muslim. Dilaksanakan di rumah dinas (Rudis) Walikota Manado, Kelurahan Bumi Beringin, kecamatan Wenang, Senin (19/06) sore tadi.manado

Walikota GSVL mengatakan sampai sekarang ini Kota Manado masih dalam keadaan aman, nyaman dan terkendali. Umat Muslim yang menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, bisa menjalankan kewajibannya dengan baik.

“Selama bulan Ramadhan dimana umat Muslim di Kota Manado menjalankan ibadah puasa, di 504 lingkungan, 87 kelurahan dan 11 Kecamatan berjalan dengan aman dan nyaman, biarlah doa kita bersama semoga ibadah puasa yang dijalankan umat Muslim bisa diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Walikota GSVL.Menurutnya, meski dalam keadaan aman, warga kota diminta untuk tidak lengah namun terus meningkatkan kewaspadaan karena ancaman masuknya anggota teroris perlu diseriusi.Idul fitri

“Saya mengajak masyarakat Kota Manado untuk terus tingkatkan kewaspdaan. Meskipun kita disini aman-aman namun diluar sana masih ada gangguan-gangguan yang bisa mengancam integritas kita sebagai bangsa,” tukas Walikota dua periode itu.

Waspadai ISIS Menjadi Pesan Walikota GSVL Buka Puasa Bersama Iman Mesji

BUKA puasa bersama para imam masjid se-Kota Manado dalam rangka Bulan Ramadhan 1438 Hijriyah, dilaksanakan di rumah dinas (Rudis) Walikota Manado, Kelurahan Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Rabu (14/06) sore tadi, dan dihadiri Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA. Kegiatan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi tokoh agama Islam dengan pemerintah itu, berlangsung khusyuk dan dihadiri para pejabat kepala Perangkat Daerah (PD) dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.manado

Walikota GSVL mengingatkan umat Islam untuk mewaspadai gerakan teroris ISIS yang ditenggarai memasuki wilayah Sulawesi Utara dan Kota Manado. Menurutnya, pemerintah pusat telah memperketat pengawasan wilayah perbatasan, khususnya pulau-pulau terluar Indonesia.

“Konflik bersenjata di Marawi, di negara Filipina, telah membuat kelompok yang berafliasi dengan ISIS disana mulai terdesak. Sehingga, tidak menutup kemungkinan mereka akan lari dan masuk ke Indonesia. Nah, jadi tugas kita bersama untuk mewaspadai masuknya gerakan ini, yang memecah belah umat beragama,” tandas Walikota GSVL.manado

Jalinan komunikasi antar umat beragama di Kota Manado saat ini sangat baik. Sehingga, para tokoh agama diminta untuk membantu pemerintah menjaga kerukunan dan toleransi di daerah ini.

“Mari, tugas kita bersama untuk ikut menjaga Sulawesi Utara dan Kota Manado dari gangguan-gangguan kelompok yang bertujuan untuk membuat daerah kita ini tidak aman. Jika ada orang yang mencurigakan yang tidak kita kenal, segera laporkan itu kepada aparat pemerintah maupun aparat keamanan kita. Jangan sampai kita lengah,” tukas Walikota terbaik se-Indonesia itu. Melalui momen buka puasa bersama para Imam masjid se-Kota Manado, tambah Walikota GSVL, akan memperkokoh tali kebersamaan diantara semua umat beragama di Kota Manado. “Bulan Ramadhan ini dapat dijadikan sebagai waktu yang tepat bagi kita, untuk menjaga keharmonisan hidup dengan semua orang yang ada di kota ini, meski berbeda-beda,” pungkas Walikota GSVL.(aldi)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*