Selasa, 21 November 2017

Kontu : Manado sebagai Smart City menuju Teknologi Big Data

manado

Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu SH mendampingi Walikota GS VIcky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaandi ruang C3 yang dikelola Dinas Kominfo Pemkot Manado

manadoterkini.com, MANADO – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, Erwin Kontu, S.H, mengatakan bahwa Kota Manado sebagai ‘Smart City’ sedang menuju pada membangun, mengolah, dan mengaplikasikan teknologi Big Data, Kamis (5/6/2017).

Untuk urusan telekomunikasi dalam UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan PP No. 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah memang menjadi urusan Pemerintah Pusat, sehingga di beberapa daerah seperti Manado dan daerah lainnya perlu menyesuaikan pembidangannya, seperti halnya di Manado diintegrasikan ke bidang Aplikasi Informatika ‘Terkait dengan Smart City’.

“Pemerintah Kota Manado kini tidak lagi hanya berkutat pada urusan CCTV dan pengembangan aplikasi. Smart City kita sekarang ini lebih menuju pada membangun, mengolah, dan mengaplikasikan teknologi Big Data,”ujar Erwin Kontu SH di ruang kerjanya.

Big data adalah istilah untuk menggambarkan suatu himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga sulit ditangani apabila hanya menggunakan pemroses data tradisional.

“Untuk mengaplikasikan teknologi ini, kami mengawalinya, bekerja sama dengan seluruh perangkat daerah melakukan integrasi data, skema pengolahan terintegrasi, dan final report untuk aplikasi dan pengambilan keputusan di level masing-masing hingga ke para super user dalam hal ini Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan,” ujar mantan Kabag Humas Pemkot Bitung ini.(mlz)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*