Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Seminar Manado Facing The Future, Wali Kota GSVL: Tiga Masalah Besar yakni Banjir, Sampah, dan Macet

×

Seminar Manado Facing The Future, Wali Kota GSVL: Tiga Masalah Besar yakni Banjir, Sampah, dan Macet

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Walikota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA (GSVL) menghadiri seminar Ilmia ” Manado Facing The Futue ” yang di fasiltasi Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Kota Manado bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsrat, di ruang Serba Guna,Selasa (20/06/2017).

Di hadapan para peserta seminar Walikota GSVL memaparkan isu strategis dan potensi Kota Manado, strategi pengembangan infrastruktur Kota Manado,serta permasalahan yang di hadapi Kota Manado termasuk 3 (tiga) masalah besar yang di hadapi Kota Manado saat ini, banjir, sampah dan macet.

Menurut Walikota, bidang pariwisata masih menjadi potensi unggulan yang akan dikembangkan oleh Pemkot Manado kedepan. Dengan dukungan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dipastikan dunia pariwisata Kota Manado akan berkembang dengan baik.

“Untuk membuka akses ke Manado, saat ini telah dibuka penerbangan langsung ke Tiongkok yang dilayani oleh maskapai Lion Air, Citylink, dan Sriwijaya Air. Dalam waktu dekat ini akan dibuka juga penerbangan langsung ke Korea. Hal ini tentunya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari luar negeri.” ungkap Walikota GSVL.

Di tambahkan Walikota Dua Periode ini,Kesiapan objek wisata dan infrastruktur dalam mendukung dunia pariwisata Kota Manado menjadi perhatian khusus Pemkot Manado.

“Kawasan bersejarah yaitu titik nol Kota Manado yang terdiri dari Pelabuhan Manado dan Gedung Tua, Kampung Arab, Kampung Cina; Perayaan Imlek, atraksi Budaya Cap Go Meh, Taman Nasional Bunaken, Gunung Tumpa merupakan objek wisata andalan Kota Manado disamping objek-objek wisata lainnya,” jelas Walikota GSVL.

Terkait strategi pengembangan Kota Manado menurut Walikota GSVL akan dilakukan dengan merevitalisasi kawasan kota lama yang terletak pada pesisir pantai Teluk Manado dengan konsep Hunian Vertikal, Wisata Pantai dan menata garis sepadan sungai dengan konsep Manado River Front City, dan mengembangkan transportasi air pesisir dan sungai,serta mengembangkan kota baru dengan konsep Smart City.

Selain Walikota GSVL, terdapat juga narasumber lainnya yang juga memaparkan pikiran-pikirannya untuk kemajuan Kota Manado sesuai dengan keahlian mereka, diantaranya Prof. Dr. Janny Kusen, Ir. Rido M. Ichwan, MCP, Prof. Dr. Ir. Ruddy Tenda, Prof. Dr. Patar Rumapea, Reiner Ointoe, Drs. Philep Regar, MS, Dr. E. Winokan, SH, MH, Prof. Dr. Lucky Sondakh, Jelly Walasendow, SE, SSTPar, M.Si, Dr. dr. Taufik Pasiak, dan Ir. D. M. Rondonuwu, MT. (