Jum'at, 15 Desember 2017

Musyawarah Mufakat Temui Jalan Buntuh, Letto Sukses Nahkodai GAMKI Bitung‎

Letto

Capt : Yapi Letto (Kiri) dan Daniel Saleletang (Kanan)

manadoterkini.com, BITUNG - Konferensi Cabang (Konfercab) ke IV, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Bitung di Gereja GMIM Sion Madidir, Senin (17/07), akhirnya resmi dinahkodai Yapi Letto sebagai Ketua DPC.

Konfercab berlangsung alot, dimana musyawarah untuk mufakat mendapat jalan buntuh. Alhasil dilanjutkan dengan proses pemilihan lewat Votting dengan mulai mengusung nama-nama bakal calon (Balon) dari pemegang hak suara seperti DPD, DPC Demisioner dan PAC (Pengurus Kecamatan, red).

Dalam penjaringan tersebut memunculkan 3 nama balon‎‎ yaitu Yapi Letto, Daniel Salaletang dan Hezky Goni. Namun dari hasil penjaringan balon, Hezky harus tersingkir dikarenakan hanya mendapat 1 suara dukungan, sedangkan dalam tata tertib (tatib) mengatur setiap bakal calon harus mendapat dukungan minimal 3 suara dari pemegegang hak suara untuk menjadi calon. ‎

Sidang pleno pun sempat diskors, yang ditengerai untuk melakukan lobi-lobi politik dari masing-masing calon. Waktu terus berjalan, sidang pleno pun dilanjutkan. Dari proses selanjutkan yaitu pemilihan Ketua dengan menggunakan sistem One Delegation One Vote/Votting Block (Satu Delegasi satu suara, red) Yapi Letto akhirnya mampu meraih suara terbanyak, dimana Yapi memperoleh 5 Suara dan Daniel 3 suara dari 10 suara yang ada. 2 suara sendiri dari DPD GAMKI Sulut dan DPC GAMKI Bitung Demisioner menyatakan Abstain.

Dari hasil ini, Yapi pun berhak menahkodai GAMKI Bitung untuk 3 tahun kedepan. Sementara itu untuk struktur keselurahan GAMKI Bitung masih akan dibahas dalam sidang pleno Formatur selanjutnya.

Meskipun alot, namun Konfercab ini sendiri tetap berjalan dengan penuh kebersamaan dan kekeluargaan. ‎

Usai Konfercab, Yapi yang juga selaku Ketua Panitia pun mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan oleh teman-teman. Terima kasih juga buat seluruh rekan-rekan panitia konfercab yang sudah bersama-sama memberi diri ikut mensukseskan kegiatan ini sehingga konfercab boleh berlangsung bahkan selesai,” katanya‎.

Sementara itu Daniel sendiri saat dimintai tanggapannya mengaku proses ini sudah berjalan demokratis dan berharap agar pengurus yang terpilih nanti bisa menjalankan tugas mereka dengan baik. “Sudah baik. Pemilihan juga berjalan fair,” singkatnya.(refly)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*