Jum'at, 15 Desember 2017

OD-SK Komitmen Wujudkan Sapta Cita

 

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpunan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven Kandouw tahun ini merealisasikan pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) yang tertuang dalam Sapta Cita atau 7 program prioritas OD-SK yakni ‘Memantapkan Pembangunan Sumber Daya Manusia, Yang Berkepribadian dan Berdaya Saing.’

Hal ini ditunjukan Wagub Kandouw lewat kujungan kerja, yang bukan hanya diibukota provinsi seperti Kota Manado, tetapi juga di kabupaten kepulauan. Selasa (18/07/2017) Wagub didampingi Asisten 1 Setdaprov Sulut, Drs Jhon Palandung MSi bersama Bupati Toni Supit dan rombongan melakukan pemantauan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah SMK I dan SMA Negeri 1 Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Komitmen memajukan SDM khususnya di sektor pendidikan ini, Wagub Kandouw menyerakan bantuan berupa 24 unit komputer kepada SMK 1 Siau Timur dan SMA N 1 Siau Timur. Selain itu kedua sekola ini juga mendapat dana DAK sekitar 250 juta.

Wagub Kandouw menjelaskan SMA sederajat yang ada di wilayah Sulawesi Utara waktu yang lalu sudah dilimpahkan menjadi kewenangan dan tanggungjawab pemerintah provinsi Sulut.

“Untuk itu, sarana dan prasarana serta infrastruktur sekolah semua menjadi tanggungjawab pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut,” katanya.

Namun, Dia juga mengingatkan pemerintah daerah juga tidak lepas tangan untuk memajukan pendidikan.

“Kita semua harus bekerja sama baik dari pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/Kota dan lapisan masyarakat serta orang tua ikut bertanggunjawab terhadap keberadaan SMA sederajat dan SLB. Bapak Gubernur Olly Dondokambey dalam setiap kesempatanya selalu berpesan bahwa dari Miangas hingga Pinogaluman uniform dan mutu pendidikan di Sulut harus sama,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Wagub mengingatkan kepada Siswa agar meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan, serta menjauhi segala macam larangan.

“Dan  Saya (Wagub), ingatkan kepada adik-adik sekalian untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Tuhan,  jauhilah narkoba, seks bebas, terorisme dan pergaulan bebas lainnya. Perkuat wawasan kebangsaan kita. Pancasila, UUD Dasar 1945 dan Bhineka Tunggal Ika adalah harga mati. Untuk itu yang ada di otak kita  harus ada Empat pilar kebangsaan dari konsepsi kenegaraan indonesia ini juga harus dipahami sebagai sebuah prasyarat yang mutlak dipenuhi agar bangsa ini bisa berdiri kokoh dan meraih kemajuaan di berbagai bidang khususnya pendidikan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia,” tutup Wagub Kandouw.

Turut hadir utusan Dinas Pendidikan Daerah Prov. Sulut, Kabid Pembinaan Dikda Sulut Arthur Tumipa, Kadikda Sitaro serta para Guru dan Murid.(alfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*