Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita Pilihan

Genjot Produksi Ikan, Ini Dilakukan Pemprov Sulut

×

Genjot Produksi Ikan, Ini Dilakukan Pemprov Sulut

Sebarkan artikel ini

Disperig Sulutmanadoterkini.com, SULUT – Berdasarkan hasil analisa terhadap peta wilayah Pengelolaan Perikanan Tangkap Republik Indonesia (WPP-RI) menunjukkan potensi perikanan terbesar ada di wilayah timur. Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) Peta Pasokan Kebutuhan Aneka Jenis Ikan Konsumsi Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Manado, Kamis (27/7/2017) siang.

Menurut Gubernur Olly Dondokambey SE melalui Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Ir Ronald Sorongan, Ketahanan pangan dan gizi, termasuk ketersediaan ikan dan distribusinya merupakan strategi untuk mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan di Sulawesi Utara. Untuk itu, pemerintah wajib menjamin pasokan dan stabilitas harga barang tersebut.

“Ikan merupakan bahan pangan yang memberikan kontribusi protein hewani terbesar yaitu sekitar 52,7 persen. Hal itu diperkuat Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang penetapan harga kebutuhan pokok dan barang penting. Dimana ikan jenis tertentu seperti tongkol, tuna, cakalang termasuk didalamnya,” kata Sorongan mengutip sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sayangnya, data tahun 2016 menunjukan bahwa unit pengolahan ikan di Sulut hanya terpenuhi 18,22 persen dari kapasitas produksinya. “Realitas ini, sangat ironis dengan adanya kekurangan bahan baku untuk unit-unit pengolahan ikan di Sulawesi Utara. Tentunya ini harus disikapi dan dicari jalan keluarnya,” tandasnya.

Dalam FGD ini, Gubernur Olly mengingatkan masih minimnya fasilitas perikanan di wilayah timur Indonesia. “Dengan potensi yang cukup besar, masih sangat dibutuhkan armada penangkapan ikan, pelabihan perikanan, stasiun pengisian bahan bakar untuk nelayan sampai kepada pelabuhan kontainer sebagai pelabuhan pengirim,” imbuhnya.

Olehnya, Gubernur Olly meminta seluruh peserta FGD mengikuti sebaik mungkin materi yang disampaikan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan. “Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan sebaik mungkin dengan memberikan fokus perhatian penuh,” katanya.

Adapun pertemuan itu turut dihadiri Asisten Deputi Peternakan dan Perikanan Deputi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Jafi Alzagladi dan perwakilan dari instansi terkait se Sulawesi.(hm/aldi)