Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Dihadiri Enam Negara, Olly Ikut Bahas Penanggulangan Terorisme

×

Dihadiri Enam Negara, Olly Ikut Bahas Penanggulangan Terorisme

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Untuk menjaga keamanan kawasan Asia Tenggara dari ancaman teroris, Sabtu (29/7/2017) pagi tadi, Enam negara di wilayah perairan Sulu yakni Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Australia dan Selandia Baru, melakukan pertemuan di Manado.

manadoPertemuan Sub Regional Meeting on Foreign Terrorist Fighters and Cross Border Terrorism (SRM FTF-CBT) yang dilaksanakan di Hotel Four Point, turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE.

Dimana, Delegasi Indonesia sendiri dipimpin oleh Menko Polhukam Wiranto dan didampingi oleh sejumlah Menteri yakni Menlu Retno Marsudi, Menkumham Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian termasuk Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE.

Dalam pidatonya, Menko Polhukam Wiranto mengingatkan pentingnya pertemuan itu untuk menjaga keamanan kawasan Asia Tenggara dari ancaman teroris.

manado“Pertemuan ini merupakan komitmen untuk melindungi bangsa dan negara kita dari ancaman terorisme,” katanya.

Wiranto juga menegaskan bahwa terorisme yang telah menjadi ancaman nyata bagi kemanusiaan sehingga tidak dapat diselesaikan tanpa tindakan nyata.

Hal senada disampaikan Jaksa Agung Australia George Brandis. Dia mengatakan pertemuan ini bukan sekedar pertemuan biasa namun lebih dari itu mampu menghasilkan langkah nyata bersama melawan ancaman teroris.

manadoDiketahui, pertemuan enam negara ini merupakan tindak lanjut dari International Meeting on Counter Terrorism di Bali pada 9 Agustus 2016.

Adapun agenda SRM FTF-CBT ini turut dihadiri Menteri Luar Negeri Selandia Baru Gerry Brownlee, Penasehat Keamanan Nasional Filipina Hermogenes C Esperon Jr., Wakil Menteri Dalam Negeri Malaysia, Dato’ Masir Anak Kujat, Wakil Menteri Keamanan dan Media Brunei Darusalam, Dato’ Seri Paduka Hamdan bin Abu Bakar dan Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius.(hm/aldi)