Jum'at, 15 Desember 2017

Kembangkan village tourism, Warga Minsel Dirangsang Bangun Home Stay

manadoterkini.com, AMURANG-Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) mengarahkan perhatian mengembangkan sektor pariwisata. Selain sebagai industri yang murah dan menyerap banyak tenaga kerja, Minsel juga kaya dengan spot-spot pariwisata. Baik spot wisata alam maupun budaya.

minselNamun saat ini Minsel masih kekurangan sarana hotel dan penginapan lainnya. Sehingga wisatawan yang tidak sampai menginap dan ini jelas kurang menguntungkan di sektor ekonomi. Menggenjot hadirnya penginapan bagi para wisatawan, Pemkab Minsel mendorong warga ikut dengan membangun home stay.

Home stay yang ditawarkan Pemkab bukan dalam skala besar, namun rumah warga dengan diberikan sentuhan agar repesentatif. Sehingga nantinya memberikan keuntungan ganda, dimana industri pariwisata juga dapat dinikmati langsung oleh masyarakat.

“Pemkab memang berupaya mendorong warga membangun atau mengembangkan rumah mereka agar dapat menjadi home stay bagi wisatawan. Terutama mereka yang tinggal berdekatan dengan obyek wisata. Sebab dengan demikian kita tidak perlu membangun banyak hotel dan hasilnya juga dapat langsung dinikmati oleh warga,” ujar Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE kepada manadoterkini.com.

minselMenurut Dia, pendirian home stay di rumah warga juga sejalan dengan konsep village touris yang dikembangkan Pemkab Minsel. Dimana wisatawan selain menikmati wisata alam, juga keseharian dari warga. Semisal di daerah penghasil gula batu dan cap tikus, wisatawan diajak ikut melihat proses. Sehingga wisatawan dapat tinggal lebih lama dan pada akhirnya memberikan kontribusi ekonomi lebib besar.

“Jadi disini akan ada perpaduan, dimana industri pariwisata bukan hanya digerakkan oleh pemodal besar tapi juga masyarakat. Makannya bagi yang tertarik kami akan berupaya membantu. Untuk rumah yang juga akan difungsikan sebagai home stay, paling utama diperhatikan adalah kebersihan. Dimana bagian dapur, kamar mandi menjadi perhatian dalam kebersihan,” ujarnya lagi.

Lanjut Bupati mengatakan, Pemkab Minsel telah menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan perjalanan wisata asing. Sehingga nantinya Minsel dijadikan salah satu daerah tujuan.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*