Selasa, 19 November 2019

Kebakaran Lahan di Gunung Sasayaban Amurang Ancam Pemukiman Warga

minselmanadoterkini.com, AMURANG – Kebakan lahan rerumputan yang terjadi di gunung sasayaban yang ada di Kelurahan Uwuran Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pada Selasa (1/8) ini terpantau terus meluas hingga mengancam pemukiman warga di Kelurahan tersebut.

Aco Ismail warga setempat menjelaskan kebakaran yang terjadi di belakang rumahnya, tepatnya Kelurahan Uwuran terpantau terus meluas hingga mendekati rumah warga.

Kondisi terakhir, lanjutnya, area kebakaran dengan pemukiman warga hanya berjarak sekitar 100 meter. “Pemukiman itu bukan merupakan wilayah padat penduduk, melainkan rumah warga yang berada di area perkebunan,” ujarnya.

Lanjut Dia mengatakan kebakaran yang melahan rumput kering mencapai 50 hektare. Mayoritas yang terbakar merupakan semak belukar, namun sebagian juga melahap perkebunan kelapa, dan tanaman lain milik masyarakat.

“Sampai hari diperkirakan sudah ada beberapa hektare yang terbakar. Mayoritas yang terbakar adalah rumput yang ada di semak belukar, namun itu terendam akan meluas hingga ke pemukiman warga,” ujarnya.

Dia juga mengatakan kalau, saat ini cuaca di Minsel cukup panas dengan angin kencang, dengan hari tanpa hujan mencapai lebih dari dua minggu.
Hal tersebut, menurut dia, menyebabkan rumput dan tanaman di wilayah gunung Uwuran menjadi kering dan sangat mudah terbakar.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*