Senin, 23 Oktober 2017

Khouni Lomban – Rawung Sosialisasikan “Bitung Go Green”

Bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Dihadapan Walikota bersama jurnalis Bitung, Dra Khouni Lomban-Rawung MSI mensosialisasikan “Bitung Go Green” dalam acara Coffee Morning, Senin (07/08/2017) di Guest House RD Walikota Bitung (Rumah Dinas).

Khouni yang merupakan pemerhati Lingkungan, Duta Yaki, Ketua TP PKK kota Bitung sekaligus Istri Walikota Bitung merasa perlu untuk mensosialisasikan ini.

‎”Untuk menyamakan persepsi terkait lingkungan hidup, dimulai dari wartawan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, para wartawan dapat memberikan wawasan lingkungan lewat pemberitaan kepada pembaca khususnya masyarakat kota Bitung,” katanya.

Disamping itu juga menurut Khouni ini merupakan rasa tanggungjawabnya terhadap lingkungan.‎ “Ini merupakan rasa tanggungjawab saya terhadap lingkungan serta‎ tentunya saya harus menopang setiap program pemerintahan MaMa. (Max-Maurits/Walikota-Wakil Walikota Bitung, red) bahkan kita semua diharapkan sama-sama menopang.,” ujar Khouni.

“Bitung Go Green” sendiri merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan Bumi. Sebelumnya Pada 8 April 2017 lalu, TP PKK bersama Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung telah mendeklarasikan “‎Go Green”‎.

Berbagai program dijelaskan Khouni dalam meminimalisir dampak pengrusakan Lingkungan seperti : 1. Mari Jaga Lingkungan Masing-Masing (MJL-MM),

2. ‎4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace),

3. MaMa GEMAR (Gerakan Hemat Air),

4. MaMa GEMBUR (Gerakan Menabung Air),

5. Gerakan Hemat Internet,

6. Gerakan 5 Bersih (didarat, dilaut, dibawah tanah, diudara, dan bersih ASN),

7. Gerakan Mari Jo Diet Tas Plastik,

8. Gerakan Menanam dan Pelihara Pohon (Green Lifestyle)

9. Gerakan Selamatkan Yaki dengan menjadi Yaki Ambassador.

“Kedepan juga direncanakan akan ada Sekolah Iingkungan (Bitung Enviroment School) -Sekolah Hutan (Forest School), Sekolah Laut (Ocean School), Gerakan 5 Bersih dan Sekolah sungai (River School). Namun Ini hanya merupakan sekolah informal tetapi akan ada sertifikat bagi mereka yang mengikutinya,” kata Khouni.

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE MSI yang didampingi oleh para Asisten Pemerintah kota Bitung yang juga ikut mendengarkan sosialisasi ini mengaku bangga dengan pengetahuan lingkungan yang dimiliki Khouni.

“Saya juga baru tau kalau istri saya punya pengetahuan tentang lingkungan. ‎Saya bangga..!!!” tutur Lomban sembari mengungkapkan juga bahwa kegiatan seperti ini sangat efektif bagi Pemerintah kota Bitung dimana para wartawan menjadi saluran informasi kepada masyarakat sekaligus memonitor kinerja Pemerintah.(Refly)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*