Kamis, 21 November 2019

Masuk Nominasi 30 Besar, GSVL- MOR Antar Manado Menuju Kota Cerdas

manadomanadoterkini.com, SULUT -Program Smart City yang ditelorkan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan, untuk mewujudkan Manado Kota Cerdas. Tidak heran, sejak kampanye lalu GSVL-MOR sudah mengangkat jargon Manado Cerdas.

Alhasil, dalam penilaian dan seleksi yang diikuti oleh 93 kota seluruh Indonesia, Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2017 menyisahkan 30 kota, salah satunya Kota Manado.

“Saya sangat mengapresiasi kepada RKCI yang melakukan pengukuran Kinerja pengelolaan Kota, khususnya kota Manado yang dianggap mampu lolos menjadi 30 besar. Karena dengan adanya RKCI yang mengenalkan ukuran kematangan kota Cerdas, menjadi pedoman kita dalam membangun layanan Kota Manado dan evaluasi berkelanjutan,” ujar Walikota GSVL kepada Tim Penilai dari ITB di ruang Cerdas Command Center, Senin (14/8/2017).

Orang nomor satu ini menjelaskan gambaran umum program Smart City di Kota Manado kepada tim Penilai, dimana Manado sedang berbenah melakukan pengembangan, inovasi dalam berbagai aplikasi yang terangkum di 9 Smart Solution yaitu Qlue Manado, e-gol l, TauPang, si Tasya, lapor Manado, RICCA, si Gita, Kanal Resmi Pemerintah Kota Manado, dan Radio Komunikasi Gagak, ulas GSVL.

Terpisah, menurut Wawali, Manado smart city lewat C3 bertujuan untuk menyikapi permasalahan kota karena tujuan membangun Kota cerdas agar warga masyarakat Manado bisa hidup nyaman, bahagia, sejahtera lewat tata kelola Command center dan aplikasi didalamnya.

“Siap-siap Ada 13 PD yg menjadi objek kunjungan Lapangan dari Tim Penilai,” terang Mor yang didampingi Wawali Mor Bastiaan dan Sekda Rum Usulu.

Diharapkan kota Manado sebagai smart city dapat menjadi contoh dan acuan kota-kota lain dalam implementasi Cerdas Command Center.(mlz)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*