Senin, 23 Oktober 2017

Bupati VAP Hadiri HUT ke-357 Desa Talawaan

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI-Kehadiran Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) di tengah-tengah masyarakat Desa Talawaan yang merayakan HUT desa yang ke-357, membawa sukacita tersendiri.

“Selamat kepada masyarakat dan pemerintah Desa Talawaan yang merayakan HUT desa, Saya harap masyarakat terus mengucap syukur kepada Tuhan, agar selalu diberikan berkat, kekuatan dan kesehatan. Mari kita terus menjaga kebersamaan, persaudaraan dan saling mengasihi,” ujar Bupati VAP, disela-sela perayaan HUT, Sabtu (19/8/2017) akhir pekan lalu.

Bupati VAP juga berharap masyarakat dan pemerintah Desa Talawaan untuk terus mendukung pemerintah kabupaten dalam menyelenggarakan roda pemerintahan dan melaksanakan pembangunan.

“Dengan mendukung program pemerintah, masyarakat sudah ambil bagian dalam pembangunan daerah. Mari kita bersama-sama terlibat dalam pembangunan untuk kesejahteraan kita semua,” kata Bupati VAP.

Pada kesempatan tersebut, Bupati VAP didampingi Asisten I Drs Rivino Dondokambey, dan Camat Talawaan Johan Wewengkan, Hukum Tua Desa Talawaan Christian Charles Umboh, memasang lilin HUT dengan angka 357.

Kumtua Umboh juga mengatakan mencapai usia ke-357 adalah sebuah anugerah besar bagi desa yang terbentuk sejak tahun 1.660 itu. Dijelaskannya dalam sejarahnya Desa Talawaan dahulu bernama Winawaan yang berarti daerah yang turun ke bawah.

“Pada zaman dahulu para tua-tua kampung tinggal di atas bukit arah jalan ke Desa Tatelu, tapi karena ada bencana penyakit, tua-tua desa mencari lokasi yang baru. Lalu ketika dalam perjalanan mereka melihat ke bawah, ada tanah yang baik dan luas cocok untuk jadi tempat tinggal. Makanya tua-tua desa mulai tinggal disitu, dan menamainya Winawaan kemudian seiring waktu diubah menjadi Talawaan. Dan sekitar tahun 1700, Desa Talawaan telah mengalami 24 kali pergantian Hukum Tua. Kini, desa tersebut dihuni sekitar 3000 jiwa dengan 1000-an Kepala Keluarga (KK) yang terbagi dalam wilayah 12 jaga,” jelas Umboh, menguraikan sedikit sejarah Desa Talawaan.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*