Rabu, 13 November 2019

11 ABK Tiba di Pelabuhan Manado

manadomanadoterkini.com, MANADO – Akhirnya 11 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Baku Sayang 03 yang tenggelam di sekitar perairan Siau kini telah tiba di Kota Manado. 11 ada buah ini tiba di Pelabuhan Manado dengan menaiki kapal Expres Bahari, Rabu (23/8) sore.

Para ABK ini, yang selamat tersebut dan diturunkan di Pelabuhan Manado yakni Meyer Kuemba, Yafet Dirong, Wilmar Paparang, Jarmes Ahmad, Billy Ambar, River Kundiman, Hery Silome, Weldy Mintadoa, Kris Aling, Ancu Marimalang dan Meydi Bukunusa.manado

Dari informasi yang dirangkum, menurut salah satu ABK Hery Sikome, saat kapal hendak tenggelam dirinya sudah menggatakan untuk menaiki rakit dan ABK yang lain terpisah. “Saat melihat kapal sudah nungging, saya sudah bilang kapal mau tenggelam dan kemduian mengambil rakit. Ada yang tujuh ABK loncat dari kapat saat sedang berjalan dan ada yang enam belas setelah kapal tenggelam,” ujar Sikome saat diwawancarai, Rabu (23/8) sore.

Selain itu juga Meidy Bukunusa, ABK yang loncat dari kapal membenarkan dirinya berenang sampai ke Pulau Bukide. “Saya berenang untuk mencari pertolongan di darat selama satu hari satu malam. Dengan menggunakan sterofom salah seorang yang nelayang menggunakan perahu katinting langsung menolong saya,” bebernya.

Lanjutnya, setelah sampai di daratan barulah ABk tersebut memberikan kabar kepada keluarga dimana kapal yang dinaiki mereka telah tenggelam. “Saya sempat3 pasrah dengan apa yang akan terjadi, sempat ada sesuatu yang mengigit saya saat berenang. Sampainya didaratan saya dibawa ke Rumah Sakit Sawang Siau, saya meminta untuk menghuningi keluarga saya,” terang dia.

Terpisah, Sami dari pihak Asuransi PT Sari Malalugis yang mewakili pemilik Kapal Motor Baku Sayang 03, mengatakan semua masih dalam proses pengurusan. “Kita masih berkordinasi dengan pihak pimpina, semua hal-hal penyelamatan masih diupayakan sampai sekarang,” pungkas dia.(Pra)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*