Kamis, 21 November 2019

Laporan Realisasi Dandes dan ADD Kumtua di Minsel Jadi Fokus Inspektorat

minselmanadoterkini.com, AMURANG – Inspektorat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) saat ini memfokuskan para auditornya melakukan pemeriksaan di 167 desa yang ada di Minsel. Target Inspektorat adalah memeriksa laporan realisasi anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) tahap pertama.

Hal ini diungkapkan Kepala Inpektorat Minsel Adrie Keintjem SH. “Inspektorat sudah mengagendakan turun audit internal baik satuan perangkat daerah (PD) dan Hukum tua (Kumtua). Sekarang kita sementara menyelesaikan pemeriksaan di perangkat daerah,” katanya.

Lanjut Dia, ditargetkan bulan depan, Inspektorat mulai turun pemeriksaan di tingkat desa. Dan yang akan diperiksa adalah realisasi dana desa (Dandes) dan ADD yang sudah diterima.

“Setiap desa mengelola Rp 1,2 miliar sampai Rp 1,4 miliar untuk tahun ini. Dan tahap pertama 60 persen sudah dikelolah Kumtua. Inilah yang akan kita periksa secara keseluruhan,” jelasnya.

Dia menambahkan, pemeriksaan bukan hanya sekedar administrasi namun hingga pengecekan di lapangan.
“Kita periksa secara detail baik dokumennya maupun realisasi pekerjaan fisik. Jika ditemukan kejanggalan, maka ini akan menjadi temuan. Yang kita minta Kumtua harus mampu mempertanggungjawabkannya,” tegas Keintjem.

Lanjut Dia, temuan dari Inspektorat bersifat internal. Namun, jika ada temuan yang tidak diindahkan akan ditindaklanjuti.  “Seperti tuntutan ganti rugi hingga proses hukum,” tandasnya.

Dia menjelaskan, dokumen laporan hasil pemeriksaan Inspektorat nantinya akan digunakan pihak pemeriksa eksternal seperti BPK, BPKP, kejaksaan, kepolisian dan KPK. “Dasarnya dari LHP kita, kemudian mereka periksa ke lapangan. Jika mereka temukan kejanggalan, maka sudah pasti pemeriksaan diperdalam dan diperluas,” tegasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*