Senin, 23 Oktober 2017

Lomban : Saat Ini Perempuan Mampu Menjadi Agent Of Change

perempuanmanadoterkini.com, BITUNG – “Saat ini perempuan mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (Agent of Change) dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara”. Demikian kutipan kalimat yang disampaikan Walikota Bitung‎ Maximiliaan J Lomban, SE MSI saat mengkukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) kota Bitung dan Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TP2A) kota Bitung. Kamis (24/08) di Balai Pertemuan Umum Kantor Walikota Bitung.

Menurut Lomban keberhasilan Pembangunan Suatu Negara dimasa depan berada di tangan anak bangsa, sementara keberhasilan seorang anak tidak terlepas dari peran serta perempuan dan perwujudan kesetaraan gender di lingkungan keluarga. Anak yang berkualitas dihasilkan oleh orang tua yang berkualitas pula.

“Olehnya dalam pengasuhan anak, peran orang tua menjadi sangat penting untuk memberikan kasih saying dan menjadi panutan dalam penerapan nilai moralnya. Sehubungan dengan hal ini maka dalam pelaksanaan seluruh kebijakan, program kegiatan pembangunan dan perlindungan anak perlu selalu diintergrasikan dengan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan dan perlindungan perempuan,” katanya.‎

Lanjut Lomban bahwa dalam mewujudkan bangsa yang bisa memberi peran yang adil antara laki-laki maupun perempuan, serta untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan bagi anak agar mereka dapat memperoleh Hak-hak asasi secara layak, berkembang secara wajar dan turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan Negara, terlebih khususnya untuk kota Bitung maka dirasa perlu untuk membentuk tim Kelompok Kerja PUG dan pengurus P2TP2A.

“Saya berharap Pokja PUG yang di ketuai oleh Marciano Lomban dan Pengurus P2TP2A yang diketuai oleh Khouni Lomban Rawung, mampu memegang komitmen dan menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan maksimal, mengedepankan prinsip pentingnya kesetaraan gender serta mengutamakan kepentingan perempuan dan anak, sehingga kedepan kualitas dan peran perempuan dan anak kota Bitung akan semakin meningkat demi terwujudnya kota Bitung yang maju dan sejahtera,” harap Lomban sembari mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang telah menggagas dan melaksanakan kegiatan ini.‎

Turut hadir Sekretaris Daerah kota Bitung, Drs Audy Pangemanan, AP MSi, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Ir Rita Mantiri Tangkudung, Ketua Dharma Wanita kota Bitung dr Rinny Pangemanan Tinangon SpPD, Pejabat Perangkat Daerah, TNI dan Polri serta para Undangan lainnya.(refly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*