Rabu, 13 November 2019

Tingkatkan Pelayanan dan Manjakan Warga Minsel, Mononimbar Warning Jajaran Dukcapil

manadoterkini.com, AMURANG - Pelayanan pemerintah di bidang kependudukan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), kerap didera kritik. Pelayanan prima bagi masyarakat dituntut. Sepak terjang pembenahan gencar dilakukan kepala satuan Perangkat Daerah (PD) tersebut.

Demikian Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Minsel Drs Corneles Mononimbar, di ruang kerjanya, Dia berkomitmen untuk mengefektifkan pelayanan publik. Itu dimulai dari pembenahan secara internal di lingkup Dukcapil.

“Kita baru selesai melakukan rapat koordinasi. Saya menegaskan kepada seluruh Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksi (Kasie) untuk meningkatkan pelayanan yang prima. Tuntutan memberi warga aman dan nyaman merupakan tujuan dari pelayanan yang kita harapkan bersama, agar setelah warga mengurus surat dan e-KTP tidak lagi ngomel-ngomel setelah sekembalinya dari sini,” ujar Mononimbar.

Dia juga memberi target pelayanan baik pencetakan e-KTP maupun lamanya berurusan di Kantor Dukcapil Minsel. Dalam mewujudkan hal tersebut, Mononimbar tengah mempersiapkan usulan berupa rangkaian acuan aturan sebagai legitimasi pelayanan yang lebih efektif dan berkualitas di jajaran Dukcapil Minsel.

“Pelayanan di Dukcapi Minsel ditargetkan 1 hari atau 8 jam. Jadi, sudah selesai semuanya, sehingga warga terlayani dengan baik dan tidak tertunda pekerjaan. Nah, satu lagi untuk pencetakan e-KTP kita patok paling lama 7 menit, memang sebelumnya pelayanan di Dukcapil kurang lebih 5 hari, kali ini kita akan mengusulkan agar ditetapkan 1 hari saja pelayanan. Saya berharap semua staf dapat menyesuaikan ini,” jelasnya.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Amurang Stenly Potabuga memuji tindakan Dukcapil tersebut. Namun, menurut dia, upaya ini harus didukung seluruh elemen di PD tersebut.

“Kami optimis bisa terwujud asalkan ini bukan hanya wacana saja. Kami mengapresiasi terobosan Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wabup Franky Donny Wongkar SH. Kami berharap, itu diikuti jajaran PD yang ada dilingkup Pemkab Minsel,” harapnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*