Selasa, 24 Oktober 2017

UNDANG WARGA KAWANUA PULANG KAMPUNG, GSVL PASTIKAN MANADO FIESTA MERIAH

LAPORKAN MANADO FIESTA 2017, WALIKOTA GSVL TEMUI MENDAGRI

DEMI suksesnya gelaran iven pariwisata bertajuk Manado Fiesta 2017 yang juga masuk dalam agenda Wonderfull Indonesia dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA tak pernah berhenti memperkenalkan ajang terbesar Kota Manado tahun 2017 itu.

mendagri, gsvl

Walikota GS Vicky Lumentut bersama Ketua DPRD Manado melaporkan pelaksanaan Manado Fiesta 2017

Bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Nortje Henny Van Bone dan anggota dewan kota Lina Pusung, Walikota GSVL menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di ruang kerja Kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Kamis (10/07) siang tadi. Dalam pertemuan tersebut, Walikota GSVL melaporkan kondisi Kota Manado yang kondusif, termasuk ramainya wisatawan asal Tiongkok yang datang ‘menyerbu’ Kota Manado.

“Kondisi Kota Manado sampai sekarang ini masih kondusif, menghadapi arus kedatangan wisatawan mancanegara khususnya dari Tiongkok, Kota Manado dalam keadaan yang aman dan nyaman,” ujar Walikota terbaik se-Indonesia itu.

Pemerintah Kota Manado, lapor Walikota GSVL, tengah mempersiapkan iven Manado Fiesta 2017 yang akan dilaksanakan pada 1-10 September mendatang. Dimana, ada tujuh festival yang akan digelar yakni Festival Fish and Coral (FisCo), Festival Food, Festival Fashion, Festival Flying, Festival Fun-music, Festival Fair dan Festival Faith.

Mendagrai

Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

“Festival yang kita laksanakam ini, selain untuk mendukung pariwisata Indonesia, juga untuk membuktikan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang indah serta aman untuk dikunjungi wisatawan,” tukas walikota dua periode tersebut, seraya mengajak Mendagri untuk bisa datang ke Manado Fiesta September nanti.

Dalam kesempatan itu, Mendagri Tjahjo Kumolo menyambut baik serta mengapresiasi langkah yang dilakukan Walikota GSVL dalam mengembangkan industri pariwisata Indonesia khususnya di Kota Manado.

Selain itu, Mendagri juga memberikan arahan-arahan terkait pemerintahan serta berbagai kebijakan yang harus didasarkan pada Undang-Undang dan aturan hukum yang berlaku. “Saya sangat mendukung upaya-upaya Walikota Manado dan mitranya di DPRD untuk memajukan Kota Manado. Saya mendukung pelaksanaan Manado Fiesta yang digelar pemerintah Kota Manado pada bulan September nanti,” tandas Mendagri.

manado, GSVL, Fiesta

Sebelum menemui Mendagri Tjahjo Kumolo, Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Dirjen Otda Soni Sumarsono di Kantor Kementerian Dalam Negeri

Sebelum menemui Mendagri, Walikota GSVL dan rombongan diterima Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) DR Soni Sumarsono di ruang kerjanya. Mantan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara yang mencetuskan tagline ‘Mari Jo Ka Manado’ itu banyak memberikan saran dan masukan demi suksesnya Manado Fiesta 2017 seraya berjanji akan datang langsung di ajang pawai kendaraan hias FisCo pada 2 September nanti.(***)

Malam Baku Dapa Warga Kawanua di Palu, GSVL-MOR Sosialisasikan Manado Fiestamanado fiesta

WALIKOTA Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE benar-benar ekstra kerja keras demi mensukseskan iven Manado Fiesta. Kegiatan akbar yang berlangsung 1-10 September 2017 ini, terus disuarakan Pemerintah Kota ke masyarakat kawanua yang berada diluar Kota Manado.

Buktinya, warga kawanua yang tinggal di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (8/8) bertempat di Resto 168 House, diajak mengikuti acara malam baku dapa, dirangkaikan dengan penyampaian sosialisasi terkait iven Manado Fiesta.manado fiesta

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Palu yang ikut memfasilitasi acara pertemuan warga Kawanua di Kota Palu dengan Pemkot Manado. Sehingga, acara bisa berjalan ramai dan sukses.

“Terima kasih banyak atas sambutan yang baik serta dukungan penuh Pemerintah Kota Palu dibawah pimpinan sahabat saya Walikota Palu Bapak Drs Hidayat dan Wakil Walikota Pasha Ungu dan jajarannya. Semoga keakraban yang tercipta malam ini, menjadi pertanda support luar biasa pemerintah Kota Palu untuk penyelenggaraan iven Manado Fiesta 2017 di kota Manado pada September nanti,” ujar Walikota GSVL.manado fiesta

Lanjutnya, kegiatan pariwisata Manado Fiesta merupakan program kerja Pemkot Manado untuk mendukung Wonderfull Indonesia dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Dirancang dan direncanakan sematang mungkin, dengan berbagai kegiatan spektakuler, yang diyakini bisa membawa nilai positif bagi pariwisata manado.

“Untuk iven Manado Fiesta, ada tujuh kegiatan festival yang akan dilaksanakan pada 1 sampai 10 September. Diantaranya, Festival Fish and Coral (FisCo), Food, Fashion, Flying, Fun-music, Fair dan Faith. Dengan puncak pelaksanaan, akan dilaksanakan kegiatan yang kami beri nama Thanksgivimg Kota Manado dengan melibatkan semua umat beragama di Kota Manado,” tukas Walikota terbaik se-Indonesia itu.manado fiesta

Dalam kegiatan malam baku dapa itu, tampak hadir orang-orang Manado yang sukses di Palu diantaranya pengusaha Recky Wentinusa Pusung dan anggota DPRD Sulteng Matindas Rumambi serta tokoh kawanua Kombes Pol Eduard Tamboto. Sementara, dari Pemkot Manado tampak Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Drs Albert Wuysang, Ketua FKUB Pdt Renata Ticonuwu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ir Meisje Wolah serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene SSos.(*)

Dukung Penuh Manado Fiesta, Pemkot Palu Kirimkan Penari Seni Budaya

manado fiesta

Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Walikota Palu saling bertukar cenderamata

KUNJUNGAN rombongan Pemerintah Kota Manado ke Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka mengikuti acara malam baku dapa dan sosialisasi Manado Fiesta mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Palu. Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan pun berterima kasih, atas dukungan dan partisipasi Pemkot Palu yang bersedia mengirimkan para penari budaya untuk memeriahkan pergelaran Manado Fiesta.

Bukti dukungan Pemkot Palu langsung disampaikan Walikota Palu Drs Hidayat MSi dan Wakil Walikota Sigit Purnomo Said atau terkenal dengan nama Pasha Ungu. Didampingi Sekretaris Daerah Asri SH berserta jajaran Perangkat Daerah, Kapolres Palu AKBP Christ Pusung, dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Palu yang turut memberikan support untuk kegiatan Manado Fiesta 2017 yang akan digelar 1-10 September mendatang.

manado fiesta

Wawali Manado Mor Bastiaan saling tukar cenderamata dengan Wawali Palu Pasha Ungu

Dimana, Wakil Walikota yang ngetop dipanggil Pasha menuturkan untuk meramaikan kegiatan Manado Fiesta khususnya saat karnaval tanggal 2 September, Pemkot Palu siap berpartisipasi dengan mendatangkan puluhan penari seni dan budaya ke Manado.

“Kita akan ikut mendukung kegiatan Manado Fiesta 2017 dengan mendatangkan puluhan penari seni dan budaya Kota Palu ke Kota Manado,” ujar Wawali Pasha.manado fiesta

Sementara, Walikota GSVL sangat berterima kasih karena Pemkot Palu sudah menyambut dengan baik kegiatan malam baku dapa serta sosialisasi iven Manado Fiesta. Apalagi, dalam pelaksanaan iven, Pemkot Palu menyatakan siap memberikan dukungan penuh serta akan membawa puluhan penari seni budaya untuk memeriahkan iven tersebut. (*)

Wawali ‘Pasha Ungu’ Janji Ramaikan Manado Fiesta

WAKIL Walikota Palu Sigit Purnomo Said atau terkenal dengan nama Pasha Ungu, saat kunjungan rombongan Pemkot Manado dalam acara malam baku dapa dengan warga kawanua sekaligus penyampaian sosialisasi Manado Fiesta bertempat di Resto 168 House Kota Palu, Selasa (8/8), berjanji bakal manggung di Manado.

manado fiesta

Wawali ‘Pasha Ungu’ saat membawakan lagu Mando “Polo Pa Kita Sayang”

Mantan vokalis Band Ungu ini menuturkan siap melantunkan beberapa lagu untuk memeriahkan iven Manado Fiesta yang bakal digelar 1 sampai 10 September mendatang.

“Bersama Walikota Palu pak Drs Hidayat MSi dan jajaran turut mendukung pergelaran iven Manado Fiesta. Dan saya sendiri, berjanji akan manggung di Manado dengan membawakan beberapa lagu yang sudah top, sewaktu masih menjadi vokalis Band Ungu. Tidak lupa, kami juga akan membawa para penari seni budaya untuk memeriahkan kegiatan tersebut nantinya,” tukas Wawali Pasha.

manado fiesta

Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersalaman dengan Wawali Palu Pasha Ungu

Sementara, Walikota Manado GS Vicky Lumentut dalam kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat kawanua yang ada di Kota Palu untuk pulang kampung, memeriahkan kegiatan Manado Fiesta. Yang mana, iven Manado Fiesta akan digelar spektakuler dan meriah.

Dalam acara tersebut Wawali ‘Pasha Ungu’ menyanyikan dua lagu pop Manado berjudul Polo Pa Kita Sayang serta lagu populer group band Ungu berjudul Demi Waktu.(*)

Warga Kawanua Papua Sambut GSVL dan Rombongan Manado Fiesta di Sentani

SOSIALISASI Manado Fiesta 2017 jor-joran dilakukan Wali Kota GS Vicky Lumentut (GSVL). Seakan tak pernah kenal lelah, usai melakukan sosialisasi di Kota Palu, Sulteng dilanjutkan laporan ke Mendagri, Tjahjo Kumolo, Sabtu (12/8/2017) hari ini, GSVL bersama rombongan Manado Fiesta sudah berada di Papua.Papua, Kawanua Manado

Wali Kota GSVL didampingi First Lady Manado, Prof. Dr. Paula Runtuwene dan rombongan diantaranya Ketua BKSAUA Manado, Pdt Roy Lengkong, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Albert Wuisang tiba di bandara Sentani, Jayapura pagi tadi sekitar pukul 11.30 WIT dijemput puluhan Warga Kawanua Papua yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Kawanua (K3). Juga terlihat Ketua Tim Kerja Manado Fiesta 2017, Lenda Pelealu bersama rombongan lainnya yang sudah tiba terlebih dahulu di Jayapura sehari sebelumnya.

Suasana kekeluargaan sesama Kawanua begitu kental. “Terima kasih banyak saudara-saudaraku warga Kawanua yang sudah menetap disini (Papua),” kata Wali Kota GSVL saat berjabat tangan dengan Ketua K3 Papua, John Kawatu didampingi Sekretaris, Ivon Poli di ruang VIP Bandara Sentani.

Eforia Torang Samua Basudara karena Torang Semua Ciptaan Tuhan motto warga Kawanua begitu terlihat mana kala GSVL disambut dengan perlengkapan adat sebagai tamu kehormatan di Papua. “Kami (Warga Kawanua) disini sekitar ratusan. Ada 33 rukun Minahasa tergabung dalam K3,” kata John Kawatu.

Dipastikan even Manado Fiesta 2017 akan menggema di acara sosialisasi malam nanti di Gedung GKI PNIEL Kota Raja, Kota Jayapura. Wali Kota GSVL akan memaparkan langsung makna-makna penting di balik even Manado Fiesta nanti berkaitan dengan beragam destinasi wisata dan budaya di Kota Manado.Papua, Kawanua Manado

Dirinya mengajak warga Kawanua di Papua agar menyempatkan sebentar pulang ke Manado untuk mensukseskan Event Manado Fiesta tersebut. Billy, salah satu pengurus K3 Papua merasa bangga kedatangan Wali Kota GSVL bersama rombongan.

Menurutnya, sosialisasi Manado Fiesta 2017 di Papua ini merupakan momen penting lebih memperkenalkan kalau Kota Manado itu layak diperhitungkan dunia terkait kekayaan wisatanya, termasuk budayanya dan kehidupan yang rukun dan damai. “Biar kami sudah jadi masyarakat Papua, tapi kami bangga dengan daerah kelahiran kita, Kota Manado. Pak GSVL, Wali Kota pertama yang mampu bikin terobosan memperkenalkan wisata dan budaya di Manado di mata dunia lewat event Manado Fiesta ini,” katanya.

Acara sosialisasi Manado Fiesta malam nanti, menurut Billy, akan dihadiri ratusan warga Kawanua di Papua, termasuk Pemerintah Kota Jayapura. “Semoga terobosan-terbosan seperti ini, memperkenalkan Kota Manado lewat pariwisata akan terus berlanjut setiap tahunnya,” pungkas Billy(*)

Patwal, Mobil Kodam Kawal 12 Kendaraan Rombongan Manado Fiesta di Jayapura

LUAR BIASA, saat meninggalkan halaman VIP Bandara Sentani, GSVL bersama rombongan sosialisasi Manado Fiesta 2017 dikawal sekitar 12 mobil dari warga Kawanua Papua.Papua, Kawanua Manado

Mobil Fortuner putih DB 1 A yang ditumpangi Wali Kota GSVL bersama istri tercinta, Dr. Paula Rubtuwene dikawal khusus Patwal kepolisian.

Bahkan sebuah bus milik Kodam XVII/Cedrawasih pun ikut dalam rombongan Manado Fiesta dalam konvoi menuju beberapa lokasi sejarah.

Iring-iringan rombongan sosialisasi Manado Fiesta dari Bandara meluncur pertama menuju monumen sejarah yang menjadi pusat pertahanan Jendral America, MaC Arthur bersama pasukannya saat perang pasific dulu.Papua, Kawanua Manado

Di monumen situ, Wali Kota GSVL bersama First Lady Manado dan rombongan mengabadikan beberapa foto sejarah dan pemandanga Kota Sentani di atas ketinggian gunung.

GSVL bersama rombongan Manado Fiesta selanjutnya diajak warga Kawanua melihat langsung pembangunan gedung ‘Wale Wangko’ milik K3 Jayapura.(*)

Dihadapan Warga Kawanua, GSVL Pastikan Keheboan dan Sensasi Manado Fiesta 2017

PELAKSANAANevent Manado Fiesta yang akan dihelat Pemkot Manado, 2 sampai 10 September 2017 nanti diprediksi bakal berlangsung heboh dan penuh sensasi.Papua, Kawanua Manado

Prediksi itu terungkap saat Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) mensosialisasi kegiatan tersebut di depan warga Kawanua yang tergabung dalam Keluarga Keluarga Kawanua (K3) Papua.

Sekitar ratusan warga Kawanua Papua datang dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan daerah lain Bumi Cendrawasih memadati Aula Serbaguna GKI PNIEL Kotaraja, Kota Jayapura, Sabtu (12/8/2017) malam.

“Tanggal 2 September itu menjadi pusat kegiatan kita. Harusnya tanggal 1 tapi setelah dicek ternyata hari itu saudara kita umat muslim merayakan hari raya Qurban,” kata GSVL.Papua, Kawanua Manado

Ada 7 festival sekaligus dikemas dalam Manado Fiesta. Ada pesta FisCo (Fish and Coral), Fun Music, Faith, Fashion, Flaying dan festival Fair.

Festival FisCo menjadi pembuka rangkaian Manado Fiesta 2017 dengan pawai carnaval menampilkan ikon-ikon dari berbagai golongan di Kota Manado. Kemudian penampilan seni dan budaya semua etnis budaya yang ada di Manado.

“Untuk pawai carnaval akan berlangsung unik di sepanjang 6 km ruas jalan Boulevard mulai dari Sindulang, melintas jembatan Soekarno dan finish Taman Berkat samping Mantos. Kemudian pementasan seni dan budaya,” jelas GSVL.

Pelaksanaan dimulai sore pukul 15.00 Wita dengan durasi 1 jam. “Tidak usah saya jelaskan semua jang ngoni so nda pigi,” celutuk GSVL disambut tawa ratusan warga Kawanua Papua dalam acara sosialisasi yang dibuka Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Manu malam itu.

“Jadi gambaran acara begitu. Yang pasti adoh…, kita nda bisa bayangkan. Kenapa…? Pokoknya bagus karena dalam pawai tersebut juga ada penampilan keterwakilan dari Provinsi Papua,” kata GSVL.Papua, Kawanua Manado

Warga Papua yang dilibatkan dalam Carnaval nanti, yakni mahasiswa asal Papua yang kuliah di Manado. “Saya menyebut mereka sudah orang Manado asal Papua. Makanya mereka menjadi tanggungjawab kami karena saya melihat mereka bagian dari Manado. Mereka akan tampil dengan pakaian adat Papua,” ungkap GSVL.

Tak kalah hebohnya tanggal 10 September mengakhiri puncak festival, akan digelar pesta rakyat se Kota Manado. “Semua golongan merayakan pesta rakyat ini. Baik GMIM, Katolik, Hindu, Budha, Muslim dan lainnya akan melaksanakan pengucapan syukur Kota Manado,” pungkas Wali Kota Manado dua periode ini.(*)

WALIKOTA JAYAPURA PASTIKAN HADIR SAKSIKAN MANADO FIESTA

SEBAGAI teman study bersama Walikota GSVL di Harvard University, Amerika Serikat, Walikota Jayapura Benhur Tommy Manu, berjanji jika tak berhalangan, rencana akan datang menyaksikan Manado Fiesta 2017 yang digelar mulai tanggal 2 sampai 10 September nanti.Papua, Kawanua Manado

“Saya dan pemerintah Kota Jayapura sangat mendukung pelaksanaan Manado Fiesta bulan September mendatang. Saya akan berusaha datang ke Manado saat Manado Fiesta,” tandasnya.

Seblumnya Walikota Jayapura menjelaskan warga Kawanua di Provinsi Papua, termasuk di Jayapura sebanyak 18 ribu yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Kawanua (K3).

Ini disampaikan Benur saat membuka malam sosialisasia even Manado Fiesta 2017 di Aula Serbagun GKI PNIEL Kotaraja, Kota Jayapura, Sabtu (12/8/2017) didepan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) didampimngi Ketua TP PKK Manado, Dr. Paula Runtuwene.

Tim kerja Manado Fiesta yang hadir dalam sosialisasi tersebut, Kadis Parbud, Lenda Pelealu yang juga ketua Tim Kerja bersama rombongannya, Ketua BKSAUA, Pdt. Roy Lengkong, STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Albert Wuisang, Kabag Humas dan Pemerintahan, Steven Runtuwene serta tim kesenian lainnya.Papua, Kawanua Manado

“Ada 18 ribu warga Papua asal Manado disini. Khusus di Jayapura, bantuan yang diberikan warga Kawanua disini sangat terasa. Hubungan dengan pemerintah di Jayapura dengan warga Kawanua disini sudah terjalin baik” tambah Wali Kota Benhur yang belum lama ini dikukuhkan sebagai Tonaas Wangko K3 Jayapura.

Menurutnya, warga Kawanua rata-rata sudah bekerja di Jayapura. “Terima kasih saya kepada orang Manado yang selama ini telah menjalin hubungan yang sangat baik dengan kami,” kata Benhur.

Wali Kota Manado, GSVL menyampaikan terima kasih dukungan diberikan Wali Kota Jayapura. “Terus terang, kehadiran kami disini (Jayapura) untuk mengundang warga Kawanua di Papua sini,” aku GSVL.Papua, Kawanua Manado

Diriinya mengajak untuk pulang kampong (Pulkam) mensukseskan event heboh Manado Fiesta. “Saya mendengar tadi, Ketua Umum K3 Jayapura bapak Johan Kawatu, akan ada 50 perwakilan K3 bakal hadir. Terima kasih banyak,” kata GSVL.

Kedatangan K3 Papua nanti bakal disambut khusus. GSVL meminta jauh hari sebelum datang ke Manado diinfomasikan ke Pemkot Manado atau panitia. “Nanti akan disedikan tempat yang layak,” pungkas GSVL. (liputankhusus)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*