Minggu, 17 November 2019

Sebelum Belanja ke Pasar, “Taupang” Dengan Aplikasi Cerdas

manadoterkini.com, MANADO – Kebutuhan untuk mendapatkan informasi secara cepat, tepat dan akurat sudah menjadi Kebutuhan harian setiap manusia. Kemajuan tekhnologi yang pesat telah memungkinkan kita mendapatkan informasi hanya melalui genggagaman tangan saja, yakni lewat gadget.manado

Cerdas Command Center (C3), ‘ruang pintar’ milik Pemkot Manado memiliki aplikasi cerdas yang diberi nama ‘Taupang’ atau ‘Pantau Pangan.’

Melalui ruang C3 ini, bisa mendapatkan informasi terkait harga bahan pokok yang ada di pasar tradisional seperti pasar Bersehati, Pinasungkulan, dan pasar lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado Erwin Kontu SH menjelaskan saat ini C3 sudah menyediakan aplikasi untuk menampilkan harga terbaru pangan disetiap pasar tradisional. Dimana, masyarakat bisa mengakses link website untuk melihat harga terbaru bahan pokok yang diperlukan. Harga yang ditampilkan juga fluktuasi, ada yang turun dan ada yang naik.

“Data dan informasi yang terbaru didapatkan dari Bank Indonesia (BI). Ini karena telah ada kerjasama antara Pemkot Manado dengan Bank Indonesia. Harga bahan pokok dan pangan yang diberikan BI, kemudian diproses di ruang C3 lalu ditampilkan lewat website yang sudah disedikan C3, yaitu http://taupang.manadokota.go.id. Dengan link ini, maka warga bisa membuka dan memantau dari rumah harga pangan yang ada di pasar,” jelas Kontu.

Lanjutnya, hal ini tentu saja akan mempermudah para konsumen, terutama para ibu ibu yang biasanya suka berbelanja ke pasar tradiaional dalam mendapatkan informasi harga bahan pokok sebelum pergi berbelanja ke pasar tradisional.

manado

Berikut ini informasi harga pangan yang terpantau pada Kamis hingga Jumat (10-11/8/2017) :

Beras Superwin :

Harga Stabil Rp.12.000/kg

Cabe Merah Keriting :

Harga Turun menjadi Rp.26.500/kg

Cabe Rawit :

Harga Turun menjadi Rp.42.500/kg

Bawang Merah :

Harga Stabil Rp.33.000/kg

Telur Ayam :

Harga Stabil Rp.22.000/kg

Minyak Goreng Curah :

Harga Stabil Rp.11.500/kg

Gula Pasir Curah :

Harga Stabil Rp.13.000/kg

Gulaku :

Harga Stabil Rp.19.500/kg

Bawang Putih :

Harga Stabil Rp.29.000/kg

Tomat Sayur :

Harga Stabil Rp.20.000/kg

Keterangan : Harga yang ditampilkan merupakan harga rata-rata dipasar tradisional, dibandingkan dengan harga komoditas di hari sebelumnya.(*/mlz)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*