Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial, Manado Tembus 6 Besar

×

Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial, Manado Tembus 6 Besar

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Pemkot Manado membuktikan dukungan terhadap program Pemerintah Pusat, terkait pembangunan di berbagai sector dan peningkatan kesejateraan masyarakat. Dimana Pemkot Manado melalui Bapelitbangda berhasil masuk enam besar Penghargaan Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial, yang diumumkan Badan Informasi Geospasial (BIG).

bapelitbang Manado
Kaban Bapelitbangda Pemkot Manado Liny Tambajong saat bersama tim yang terdiri dari staf Pemkot, ahli GIS, programmer, dan tenaga IT saat mempresentasikan Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospatial di BIG Cibinong, 6 September 2017.

Pemanfaatan informasi geospasial oleh berbagai sektor semakin meningkat seiring kemudahan dan kecepatan teknologi berbasis spasial. Inisiatif penyediaan informasi geospasial telah banyak dilakukan secara mandiri oleh Pemerintah Daerah, salah satunya Kota Manado yang saat ini masuk 6 besar terbaik dari seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.

Inovasi pemanfaatan informasi geospasial merupakan bentuk apresiasi BIG kepada simpul jaringan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam mengembangkan pemanfaatan informasi geospasial yang inovatif.

Seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No 4 Tahun 2014 tentang Informasi Geospasial khususnya pasal 2 huruf (c) dan pasal 2 huruf (f) menyebutkan Informasi Geospasial diselenggarakan berdasarkan asas keterbukaan dan kemanfaatan. Semakin mudahnya akses dan pertukaran terhadap informasi geospasial, proses pengambilan keputusan dapat berjalan dengan cepat dan tepat.

Pengembangan gagasan baru maupun penyempurnaan aplikasi yang sudah ada, menjadi kekuatan pendorong untuk memfasilitasi penyediaan informasi geospasial yang mutakhir dan dapat diakses oleh pengguna lainnya.

Manado
Tampak salah satu slide presentasi materi Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Kota Manado

Nah, dari hasil Pleno Penilaian Tahap 2, didapatkan enam kabupaten/kota terbaik yang akan melanjutkan ke tahap ketiga yaitu visitasi atau kunjungan kepada masing – masing daerah diantaranya, Kabupaten Banyuwangi, Kota Bogor, Kabupaten Jepara, Kota Manado, Kota Semarang, Kota Surabaya.

Prestasi tim inovasi pemanfaatkan informasi geospasial Pemkot Manado itu diapresiasi karena pencapaiannya yang luar biasa, didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan diandalkan.

Kepala Bapelitbangda Lini Tambajong terkait Manado mengatakan pencapaian tim sangat baik. Apalagi, didukung para staf Pemkot yang kreatif dan inovatif, ahli GIS, programmer, tenaga IT dan lainnya.

“Saya sangat senang, karena pencapaian ini tidak lepas dari kerjasama tim yang handal dan diandalkan. Mereka terdiri dari staf Pemkot yang kreatif dan inovatif, ahli GIS, programmer, tenaga IT dan beberapa lainnya. Selaku tim juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan yang telah membimbing tim ini. Semoga manado bisa tembus hingga tiga besar dan meraih prestasi tertinggi dalam lomba ini,” terang Tambajong.(timredaksi)