Jum'at, 20 September 2019

Digelar di Raanan Lama, Pemuda Katolik Gelar Konsolidasi Penyusunan PK Komcab se Minsel

Agenda Rapat: Evaluasi dan Penyusunan Program PK Komcab Minsel September – Desember 2017

MOTOLING, manadoterkini.com - Pemuda Katolik Minahasa Selatan (Minsel) menggelar rapat evaluasi dan program PK Komcab. Dalam siaran pers yang diterima manadoterkini.com, Ketua Pemuda Katolik Minsel Verly Tielung S. Fils mengatakan konsolidasi ini dalam rangka memantapkan program Pemuda Katolik di Minsel karena beberapa wilayah PK telah berakhir kepengurusannya. “Rapat ini agenda penting yakni secepatnya melakukan pembentukan Komcab dan Ranting se Minahasa Selatan,” ujar Verly Senin (17/9/2017).minsel

Ia juga mengingatkan kepada caretaker Kecamatan agar segera melakukan konsolidasi agar kepengurusan segera terisi untuk kemajuan organisasi kedepan. “Konsolidasi itu penting untuk kemajuan roda organisasi kedepan” ucap Verly.

Berikut dari hasil rapat, beberapa program yang mendesak dibuat yakni:
1) Pembentukan Komac dan ranting; 2) Pelaksanaan Mapenta dan pengukuhan pengurus Komac di setiap kecamatan;
3) Pelaksanaan pengkaderan lewat seminar-seminar dan diskusi publik baik secara internal maupun secara eksternal;
5) Membuka diri dan siap bersinergi dengan pemerintah daerah, ormas kepemudaan, dan elemen-elemen lain yang sepaham dengan ideologi pemuda Katolik.minsel

Beberapa program yang direkomendasikan pada Rapat Pleno PK Komcab Minahasa Selatan di Desa Raanan Lama Kecamatan Motoling (17/09/2017):
Program Internal:
1) Merekomendasikan untuk pembaharuan beberapa Komisariat Anak Cabang (KOMAC) dan Ranting-Ranting. Komisariat Anak Cabang yang direkomendasikan untuk segera dibentuk dan dibaharui yaitu KOMAC Kec. Modoinding, KOMAC Kec. Maesaan, KOMAC Kec. Tompaso Baru, KOMAC Wilayah Amurang Bersatu, KOMAC Kec. Motoling Bersatu, KOMAC Kec. Ranoyapo, KOMAC Kec. Sinonsayang-Tenga. Setelah KOMAC terbentuk, pengurus ranting akan dibentuk oleh masing-masing pengurus KOMAC yang baru.
2) Merekomendasikan untuk menunjuk caretaker pada setiap KOMAC dalam rangka mempersiapkan pembaharuan pengurus KOMAC, MAPENTA dan pelaksanaan Musyawarah Komisariat Anak Cabang. Caretaker yang direkomendasikan untuk setiap KOMAC adalah sebagai berikut: Grand Turangan, S.Kom (Caretaker Kec. Modoinding), Esry Liwe (Caretaker Kec. Maesaan), Mikaela Wodong, S.Pd (Caretaker Kec. Tompaso Baru dan Kec. Ranoyapo), Raymond Lumowa, SE (Caretaker Wilayah Amurang Bersatu), Fenry Manampiring (Caretaker Kec. Motoling Bersatu) dan Egidius Kajang, S.Pd (Caretaker Kec. Sinonsayang-Tenga).
3) Merekomendasikan untuk melaksanakan pengkaderan dan pelatihan-pelatihan/seminar/ sosialisasi bersamaan dengan pelaksanaan Mapenta dan Muskomac di setiap Komisariat Anak Cabang.
4) Merekomendasikan untuk melengkapi legalitas, atribut dan kelengkapan organisasi.

Program Eksternal:
1) Merekomendasikan untuk membuka diri, membangun kerja sama, jejaring dan komunikasi yang sinergis dengan Pemerintah Daerah, Media Massa/Media Sosial, Organisasi Kemasyarakatan lain dan elemen-elemen apa saja yg sepaham dengan ideologi Pemuda Katolik.
2) Merekomendasikan untuk mengumpulkan data umat di setiap paroki/stasi guna memastikan keakuratan data umat Katolik yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan bekerja sama dengan Pimpinan Paroki dan pengurus pemuda katolik yang ada di paroki.
3) Merekomendasikan untuk membangun komunikasi dengan Pemkab, Kementerian Agama, Yayasan Pendidikan Katolik, Pimpiinan Paroki dan pihak-pihak terkait untuk mencari solusi pemenuhan guru katolik pada sekolah katolik dan penambahan Struktur Katolik pada Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Selatan.

4) Merekomendasikan dan menyetujui usulan pelaksanaan Lomba Olahraga (futsal) yang disponsori oleh PK untuk membangun relasi dan sebagai sarana untuk memperkenalkan PK kepada masyarakat. (timredaksi)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*