Minggu, 8 Desember 2019

Momentum HTN, Ini Ungkapan Penggiat Pertanian Bitung

Bitungmanadoterkini.com, BITUNG - Tanggal 24 September ditetapkan sebagai pengingat bahwa pada tanggal itu tahun 1960, Presiden Republik Indonesia Ir Soekarno m‎enetapkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960). ‎Atas hal ini, ditetapkanlah sebagai Hari Pertanian Nasional (HTN).

Dalam Momentum ini pula, Henry Somba, ST yang merupakan praktisi pertanian di kota Bitung mengharapkan agar dinas pertanian kota Bitung dapat lebih dirangsang lagi. ‎

“Pemkot Bitung melalui dinas pertanian harus memiliki program jitu untuk merangsang generasi muda untuk Melirik sektor pertanian agar regenerasi petani tidak putus dan mampu membuka sebesar-besarnya lapangan pekerjaan di sektor ini,” kata Henry kepada media ini Minggu (24/09/2017)‎.

Lanjut Henry, “Peluang Bitung masih sangat besar sebab lahan pertanian di bitung itu luas. Pemkot jangan hanya berfokus pada sektor kelautan saja sebab siapapun itu baik kaya atau miskin, direktur atau buruh, pejabat atau rakyat jelata, semua membutuhkan pangan,” ujar Ketua Lembaga Perberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Ranowulu.

Peringatan Hari Tani Nasional (HTN) 2017 menurutnya harus menjadi momentum kebangkitan pertanian Bitung untuk memberi perhatian lebih besar lagi mengembangkan sektor strategis ini, apalagi di sektor kelautan sifatnya padat modal sehingga pemain lokal sulit berkompetisi dan dikuasai investor luar. Sementara pertanian memberi peluang bagi masyarakat lokal untuk menjadi “pemain utama”.

“Alokasi dana untuk dinas pertanian harus ditingkatkan pada APBD 2018, agar sektor pertanian bisa bergairah dan mampu memberi alternatif pekerjaan bagi masyarakat apalagi yang berdomisili di sentra-sentra kawasan pertanian,” Jelas Henry‎.(refly)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*